HSDS2019

HSDS2019

Selasa, 02 Maret 2021

Cerita Condor Heroes masa waktunya kapan?

Kwee Ceng Oey Yong
Kwee Ceng dan Oey Yong 

Sebenarnya cerita The Legend of the Condor Heroes (pendekar pemanah rajawali) itu kejadiannya dimulai pada masa waktu dan tahun berapa? 


ini adalah sebuah pertanyaan yang kelihatan mudah tetapi juga sulit untuk dijawab dan membingungkan. Kejadian cerita pastinya berada di era Dinasti Song, tapi apakah tahun 1200? atau 1205? atau lainnya...

Lini masa waktu (timeline) cerita LOCH sangat berantakan, banyak yang tidak sesuai dengan sejarah asli. Jadi biarpun Jin Yong ada menggunakan latar belakang sejarah dalam ceritanya, tetapi disini banyak yang miss waktunya.

Mari kita kumpulkan semua petunjuk yang berhubungan dengan timeline LOCH, seperti tahun disaat Yang Tiexin dan Guo Xiaotian minum bersama di kedai arak dekat kampung Niujia (Bab 1 - LOCH). Saat itu kedua istri mereka sedang hamil (yang nantinya melahirkan Guo Jing/kwee ceng dan Yang Kang)

*Petunjuk Utama (edisi 1 dan 2)

Petunjuk #1 - Bab 1:

"Sekarang kaisar Qin Yuan sudah menggantikan Guang Zong. Dia telah bertakhta selama 5 tahun sekarang, sehari-hari mengikuti apa yang kanselir Han Tuozhou hendaki. Masa depan akan seperti apa? haha..., sulit dikatakan, sulit dikatakan!" . Di-beberapa kalimat terakhir, dia terlihat tidak berhenti menggelengkan kepala.

era QingYuan (慶元) adalah 1195–1201 , jadi tahun kelima adalah tahun 1199 .

Petunjuk #2 - Bab 1 + Bab 40

Bab 1:
QingYuan adalah era dari kaisar Ningzong dari dinasti Song, dia bertakhta dari tahun 1194 sampai tahun 1224.

Bab 40:

Guo Jing senang, "itu cerita yang menarik, tapi apa hubungannya dengan tubuhku?" dia bertanya.

Huang Rong tertawa, "bukankah dia menggunakan 12 kerbau? shio kamu adalah kerbau, betul?"

Guo Jing menggerakkan tangannya dengan putus asa, “Bagus! kamu menggunakan sebuah cerita yang secara tidak langsung mengutuk saya." Dia melayangkan jarinya untuk mengelitik Huang Rong. Huang Rong tertawa dan kabur.

Guo Jing adalah shio Kerbau, antara tahun 1194 sampai tahun 1224, tahun kerbau adalah 1205 dan 1217. Antara dua tahun ini, saya rasa mungkin 1205 lebih berpeluang dibandingkan tahun 1217 .

---------------------------------

*Petunjuk Minor 

Saya menyebutnya minor karena Jin Yong kelihatan tidak menggunakan waktu sejarah nyata di cerita LOCH, beberapa waktu kejadian melenceng dibanding sejarah asli.

Petunjuk #3 -

Kematian Jamukha adalah tahun 1206 menurut wikipedia inggris (sedangkan wikipedia china menulis 1204). Jadi kamu bisa hitung sendiri dengan menguranginya dengan umur Guo Jing saat itu.

Petunjuk #4 - 

Han Tuozhou menjabat sebagai kanselir / menteri di dunia nyata adalah tahun 1194 - 1207 (dan Fox dalam terjemahan novel inggrisnya mengatakan Han Tuozhou diangkat sebagai kepala kanselir adalah tahun 1206)

Petunjuk #5 - 

Temujin meninggal tahun 1227, Guo Jing berumur sekitar 20 tahun pada akhir LOCH, jadi 1227 - 20 = tahun 1207.

Sumber Lain:

Pada masa lalu, di Wikipedia ada yang sebut tahun 1204, saya tidak tahu bagaimana pengedit atau penyunting Wikipedia itu menyimpulkan angka tahun ini.

Kemudian…. di Edisi 3,
Jin Yong menghapus kalimat "Lima Tahun" (lihat Petunjuk #1), tetapi tetap menyertakan nama era Kaisar QingYuan.

Paragraf cerita soal shio Guo Jing adalah kerbau juga telah dihapus sepenuhnya.

Jadi di edisi 3, apa yang Jin Yong lakukan sebenarnya tidak memperbaiki plothole timeline cerita LOCH, tetapi malahan membuat kepastian tahun awal ceritanya makin kabur, karena era QingYuan adalah 1195-1201, dan tidak ada petunjuk lain lagi yang membantu untuk menyempitkan kepastian tahun mulainya cerita LOCH.

Sumber lain: Pada buku novel resmi dan berlisensi yang berbahasa inggris terjemahan Anna Holmwood (yang dimana menggunakan edisi 3), dia mengatakan tahun awal cerita adalah tahun 1200 SM. Saya tidak tahu bagaimana dia menyimpulkan angka tahun itu.

Kemudian juga ada beberapa orang yang menggunakan timeline ROCH (Bakti Rajawali / Kembalinya Pendekar Rajawali / Sin Tiaw Hiap Lu) untuk menghitung timeline LOCH.

Petunjuk lainnya berdasarkan sejarah nyata jika ada yang mau; yaitu di edisi ketiga, ada tambahan penyebutan nama tokoh sejarah perdana menteri Shi Miyuan dan juga sepasang suami-istri tokoh nyata kalangan militer Li Quan dan Yang Miaozhen.


Update - edit tambahan info:

Petunjuk Minor #6 - Kota Samarkand yang diceritakan pada akhir LOCH, itu didunia nyata jatuh pada tahun 1220, umur Guo Jing saat itu diperkirakan sekitar 19-20 tahun. 

Pada buku bahasa inggris terjemahan  Anna Holmwood, ternyata biarpun di deskripsi pada beberapa website/situs dikatakan tahun 1200, tetapi saat saya cek isi novel dibagian pengantar kata ada disebut oleh Anna Holmwood adalah tahun 1205.



Jadi kapan dan tahun berapa tepatnya peristiwa cerita LOCH atau Pendekar Pemanah Rajawali (the legend of the condor heroes) dimulai?

A. Tidak ada jawaban mutlak untuk hal itu, karena sampai revisi edisi ketiga pun belum sepenuhnya diperbaiki oleh Jin Yong. Mau jawab tahun 1200 benar, mau 1205 juga benar.

---





Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar