HSDS2019

HSDS2019

Rabu, 24 Februari 2021

13 Pengguna ilmu 18 Tapak Penakluk Naga

tapak naga di legend of condor heroes 2017
Guo Jing dalam legend of condor heroes 2017

KweeCeng (alias Kwe Cheng atau Guo Jing) adalah seorang pendekar yang terkenal akan ilmu 18 Tapak Penakluk Naga, tapi ada beberapa orang lagi pengguna yang menguasai atau mempelajari ilmu 18 tapak penakluk naga ini, baik yang hanya 1 jurus, maupun semua 18 jurusnya.  Ilmu 18 Tapak Penakluk Naga ini dipopulerkan oleh Jin Yong, sehingga yang akan dibahas adalah tokoh tokoh dalam cerita Jin Yong agar tidak bentrok dengan cerita silat lainnya. Berikut daftar pengguna ilmu 18 Tapak Penakluk Naga. 


Siau Hong | 18 tapak penakluk naga


Orang yang berlatih ilmu 18 Tapak Penakluk Naga :

  1. Guo Jing (hokkien: Kwee Ceng/Kwee Cheng/Kwe Cheng)
  2. Xiao Feng / Qiao Feng (hokkien: Kiau Hong / Siau Hong)
  3. Hong Qigong (hokkien: Ang Cit Kong / si pengemis jari sembilan / pengemis utara)
  4. Xuzhu (hanya di edisi 3, hokkien: Hi Tiok)
  5. Li Sheng (hanya menguasai satu jurus)
  6. Yelu Qi (hokkien:Yalu Chi)
  7. Wu Dunru dan Wu Xiuwen (Wu melakukan pose kuda-kuda ilmu 18 tapak naga saat bersiap-siap jika diserang  Huodu)
  8. Shi Huolong (menguasai 12 jurus, meninggal di sekitaran era cerita HSDS)
  9. Wang Jiantong (mentor Xiao Feng, menguasai 28 jurus sebelum disederhanakan atau disingkat menjadi 18 jurus oleh Xiao Feng)
catatan: hanya yang namanya disebut dalam cerita

Pengguna ilmu ini di edisi 1 (yang kemudian dihilangkan pada edisi revisi)

  1. Xie Xun (hokkien: Cia Sun / singa emas)
  2. Zhang Wuji (diajarin oleh Xie Xun sebanyak 2-3 jurus saja, hokkien: Tio Buki)
  3. Chen Jialuo (lihat Kapan 18 Tapak Naga pertama kali muncul )
  4. Biksu Shaolin, Tianjing
itu-lah 13 pengguna / orang yang mempelajari ilmu 18 Tapak Naga (Hang-liong-Sip-pat-ciang atau xiang long shi ba zhang) jika menggunakan referensi semua edisi novel, tapi jika hanya menggunakan sumber novel edisi revisi maka jumlah totalnya adalah 9 orang.

Naga Meraung Menyesal
Pengemis Utara Hong Qigong (Ang Cit Kong)

Yang Diperdebatkan:

  • Lu Youjiao
ilmu 18 telapak penakluk naga adalah ilmu partai pengemis (kaypang/gaibang), sehingga umumnya semua ketua (pangzhu/pangchu) nya bisa ilmu ini beserta ilmu tongkat pemukul anjing. Terkecuali Huang Rong yang seorang wanita tidak cocok dengan ilmu kasar ini. Lu Youjiao adalah ketua partai pengemis, tapi saat dia diangkat sebagai ketua, dia belum menguasai ilmu 18 tapak penakluk naga, saat itu pemilihannya boleh dibilang agak keburu-buru karena Huang Rong sedang hamil dan membutuhkan sebuah figur untuk mengurus partai pengemis (saat itu sedang kritis dengan Mongol).  Lu Youjiao sendiri masih baru belajar ilmu tongkat pemukul anjing dan masih belum mahir, apalagi dia juga bukan seseorang yang berbakat. Sebenarnya selain Lu Youjiao, yang tidak mempelajari 18 tapak naga saat awal pemilihan menjadi ketua, ada juga Huang Rong dan Yelu Qi. Setelah cerita pemilihan ketua partai pengemis itu, nama Lu Youjiao tidak disebut lagi sampai berita kematiannya ditangan Huodu, sehingga kita tidak mengetahui apakah dia berhasil menguasai ilmu 18 telapak penakluk naga atau tidak. Tapi dengan gap yang sekitar 18 tahun antara dua kejadian itu, ada kemungkinan besar ketua Lu ada diajarin oleh Guo Jing (KweeCeng) dan bisa setidaknya satu jurus.
  • Yang Guo (hokkien: Yoko, Nyo Ko)
Berbeda dengan Lu Youjiao yang kemungkinan besar bisa, untuk Yang Guo (yo ko) adalah kebalikan, kemungkinannya kecil ataupun hampir tidak ada. Boleh dibilang Yang Guo memang merupakan sosok yang paling cocok mempelajari ilmu ini, selain ilmu nya tinggi, berbakat, juga memiliki hubungan dekat dengan Guo Jing (kwee ceng), dan juga pernah bertemu Hong Qigong (ang cit kong). Sayangnya takdir berbicara lain, sepanjang cerita RocH, Yang Guo (yoko) tidak pernah disebut mempelajarinya.  Paman Guo Jing pun terlalu sibuk mengurus pertahanan negara, juga jarang berkesempatan bertemu dengan Yang Guo, setiap pertemuan pun diakhiri dengan singkat karena suatu masalah. Sampai akhirnya Yang Guo kehilangan lengan ditebas. Dengan hanya memiliki satu lengan, itu semakin tidak memungkinkan untuk mempelajari ilmu 18 tapak naga, mungkin Yang Guo bisa mempelajari satu-dua jurus yang hanya menggunakan satu tapak, tapi itu menjadi sangat tidak efektif. Tapi bagaimanapun Yang Guo telah menciptakan sendiri ilmu tapak kerinduan, yang dikatakan setara dengan ilmu 18 tapak naga, jadi tanpa ilmu 18 tapak naga pun Yang Guo memiliki ilmu tapak andalannya sendiri yang kuat.

Pada Edisi 1, ada kata "Sin tiauw Tay hiap Yo Ko adalah seorang yang mengenal macam-macam ilmu silat antaranya Hang liong Sip pat ciang, tetapi lantaran belakangan satu lengan putus, ia tidak dapat menggunakan ilmu itu." . Kalimat itu adalah kesalahan terjemahan, saya cek sumber asli novel mandarinnya ditulis: "那「打狗棒法」丐帮帮主代代相传,至今尚有存留,但「降龙十八掌」 自洪七公传了弟子郭靖之后,郭靖弟子中并无杰出人材,没人学到这路神妙无方的武功。「神雕大侠」杨过虽是郭 靖的子侄辈,但他断了一臂,已不能学这路必须双手齐使的掌法。近百年来,武林中前辈已只闻「降龙十八掌」之 名,谁也没有见过,想不到无忌竟自从谢逊处学会了。" , harusnya itu diterjemahkan menjadi "Walaupun Yang Guo adalah keponakan Guo Jing, dia telah kehilangan satu lengan, jadi tidak bisa mempelajari ilmu ini yang membutuhkan dua lengan." . Dan pastinya paragraf ini telah dihilangkan dalam edisi revisi, jadi mau kesalahan saduran ataupun tidak, sudah tidak penting lagi.

Yang mungkin dan masih perlu di checking di edisi 1:
  1. ketua Qian / ketua Shi
  2. keluarga Zhu
  3. keluarga Wu
  4. Chuangong Zhanglao

----------------------

Link yang berkaitan:


18 dragon subduing palms
Xiao Feng /Kiau Hong

Guo Jing - legend of the condor heroes
Guo Jing di legend of the condor heroes





Tidak ada komentar:

Posting Komentar