HSDS2019

HSDS2019

Sabtu, 28 Agustus 2021

Apakah Nyonya Wang di Pendekar Negeri Tayli bisa ilmu silat?

Madam Wang Demi Gods and semi devils
Nyonya Wang di Demi Gods and Semi Devils 2021


Awalnya ada teman yang bertanya soal ini, jadi setelah selesai menjawab, saya pikir eh ternyata jawabannya cukup panjang juga, dipikir-pikir, lumayan juga bisa dijadikan sebuah artikel blog, jadi tidak usah pusingin untuk mikirin buat judul artikel baru ataupun cari bahan, tinggal copy-paste doank.


Apakah Ny. Wang di cerita Demi Gods & Semi Devils bisa ilmu silat?

Nyonya Wang (王夫人adalah ibu dari Wang Yuyan, seorang pemilik atau nyonya dari Villa Mantuo (moon flower) Manor di Danau Tai, Suzhou. Nama aslinya adalah Li Qingluo (李青蘿), karena menikah dengan seorang pria bermarga Wang, sehingga dia sering disebut Nyonya Wang. Dia juga adalah salah satu dari sekian banyak kekasih gelap dari Duan Zhengchun. Tapi Apakah Nyonya Wang bisa ilmu silat dan bertarung?

Sepanjang cerita di novel Pendekar Negeri Tayli (Demi Gods and Semi Devils), madam wang tidak pernah kelihatan bertarung sama sekali. Tetapi kemungkinan besar dia bisa ilmu silat karena beberapa point atau petunjuk berikut ini:

  1. Saat Duan Yu (hokkien: Toan Ki) membahas bunga camelia, ada satu jenis bunga camelia yang disebut "mencakar wajah wanita cantik", madam Wang meminta penjelasan kenapa nama bunga itu begitu jelek. Duan Yu (toan ki) kemudian menjelaskannya ke nyonya Wang. Saya ga hafal secara detail isi penjelasannya apa (karena banyak penjelasan tentang sejarah, budaya, literature, puisi china) . Yang pasti inti maksud dari penjelasan itu adalah wanita cantik biasanya tidak bertarung ataupun berilmu tinggi, jika wajahnya ada tergores itu pasti karena hasil dari si wanita sering bertarung. Madam (Nyonya) Wang setelah mendengar itu langsung marah, dipikirnya Duan Yu sedang mengejek dia.
  2. Waktu Jiumozhi menguntit madam (nyonya) Wang yang sedang menuju ke Canhe manor (tempatnya keluarga murong, di serial Demi Gods and Semi Devils 2021 pakai nama dermaga walet), madam Wang mencari Wang Yuyan, tapi Wang Yuyan dan Murong Fu lagi tidak ada ditempat belum balik, kemudian nyonya Wang marah dan  menampar semua pelayan murong . Jiumozhi yang lagi sembunyi, melihatnya dan berpikir kira-kira seperti ini "biarpun ilmu silatnya rendah, tapi kalau untuk melawan orang-orang yang lemah masih bisa"
  3. Saat Madam Wang bertemu "ayah angkat"-nya (ding chunqiu) di perpustakaan Langya Jade Cave keluarga Wang, Ding Chunqiu saat itu sedang baca-baca ilmu Minor Formless skill (ga tau di adaptasi DGSD 2021 pakai nama apa), kemudian dia meminta Ding Chunqiu ajarin ke dia. Ding chunqiu bilang ke madam wang, ilmu ini sangat dalam, bahkan dia sendiri belum menguasainya secara penuh biarpun sudah lama belajar, jadi madam wang ga akan bisa. Dan bukan hanya dalam ilmunya , tapi Xiaoyaozi (guru dari Wuyazi, Tianshan Tonglao, dan Li Qiushui) saat menulis kitab ini juga menggunakan bahasa tidak langsung, pakai kiasan ilmu matematika dan bahasa dagang jual-beli , sehingga jika jatuh ke tangan orang lain pun orang itu tidak bisa mempelajarinya (itu sebabnya Wang Yuyan tidak bisa mengerti dan ajarin ke murong fu). Ding Chunqiu nanti suruh madam Wang belajar dan hafal teori dasarnya dulu tentang pengaturan pernafasan dan terjemahan kata-kata "dagang jual beli". Ini yang nanti di curi dengar oleh Jiumozhi, yang menyebabkan nanti Jiumozhi hanya mencuri kitab ini karena takut kitab lain punya bahasa palsu/ga jelas berbeda, jadi yang ini lebih aman.
  4. Petunjuk Minor: Masih terkait dengan nomor satu, saat Duan Yu ditangkap kedua kali dan dikirim ke Mantou Manor, Duan Yu baru sadar jika Nyonya Wang adalah salah satu kekasih gelap ayahnya, dan mengingat kembali kejadian nomor satu kenapa waktu itu Nyonya Wang marah saat dia menjelaskan tentang salah satu bunga, Duan Yu berpikir mungkin saja dulu mereka pernah bertengkar sampai berkelahi ilmu beladiri besar karena hubungan status tidak jelas
  5. Murong Fu pernah memuji(menjilat) nyonya Wang dengan mengatakan Duan Zhengchun tidak setia, padahal nyonya wang itu memiliki kecantikan luar biasa, latar belakang akademik, dan kemampuan ilmu silat. 
  6. Petunjuk Minor: Dikatakan dulu saat masa muda, saat panas-panasnya hubungan asmara dengan Duan Zhengchun, mereka ada juga diskusi ilmu silat.
Jadi jawaban singkat dari pertanyaan diatas adalah Ya, nyonya Wang bisa ilmu silat . Jadi agak berbeda dengan anaknya Wang Yuyan yang tidak suka belajar ilmu silat maupun tidak bisa ilmu silat.

madame wang demi gods and semi devils


Seberapa kuat nyonya Wang? Seberapa tinggi ilmu silatnya?

Karena tidak pernah bertarung, sehingga susah estimasi kekuatannya, tetapi ada kemungkinan dia paling kuat diantara enam wanita Duan Zhengchun, karena memiliki sumber daya yang luas, dia memiliki akses ke perpustakaan keluarga Wang yang memiliki koleksi kitab ilmu silat dari berbagai perguruan atau partai yang banyak jumlahnya.

Tapi tentunya, biarpun "mungkin" dia yang paling kuat diantara wanita Duan Zhengchun (ataupun bukan), pastinya dia tidak bisa disebut "kuat" sampai ke level seperti petarung-petarung kelas A lainnya di cerita Demi Gods and Semi Devils / Pendekar Negeri Tayli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar