HSDS2019

HSDS2019

Jumat, 27 Agustus 2021

Berbagai Versi Adaptasi Demi Gods and Semi Devils

Karena topik Pendekar Negeri Tayli lagi hot dan trending belakangan ini, gegara adaptasi drama Demi Gods and Semi Devils 2021 yang baru tayang, maka saya kembali membuat topik tentang hal itu. Saya lihat di facebook group, forum, komunitas, dan sejenisnya. Orang-orang selalu membandingkan berbagai versi demi gods and semi devils (pendekar negeri tayli) terdahulu.

Orang bule dan internasional saya lihat banyak yang lebih menyukai versi 1997 yang dibintangi oleh Felix Wong sebagai Xiao Feng (Qiao Feng), sebagian kecil menyukai versi 1980an. Sedangkan di indonesia kebanyakan menyukai versi 2002 yang dibintangi oleh jimmy lin dan crystal liu yi fei, sebagian menyukai versi 2013. 

Kalo dipikir-pikir, agak berbeda dengan adaptasi Trilogy Condor Heroes (trilogi rajawali) dimana rata-rata orang hanya menyukai satu-dua adaptasi tahun tertentu yang dianggap lebih menonjol dan bagus. Di Demi Gods and Semi Devils, jawaban orang agak bervariasi tentang favoritnya. 

Dibawah saya ada rangkumkan beberapa foto tokoh berbagai versi adaptasi demi gods and semi devils (pendekar negeri tayli)


Tokoh Utama Demi Gods and Semi Devils; 

Duan Yu, Xiao Feng (Qiao Feng), dan Xuzhu

Tokoh Utama Demi Gods and Semi Devils

catatan: versi film (movie) tidak saya sertakan. 


Anak Perempuan Duan Zhengchun

female heroine demi gods and semi devils



Para Wanita Duan Zhengchun

Dao Baifeng, Qin Hongmian, Gan Baobao, Ruan Xingzhu, Li Qingluo, Kang Min
(pending)

Para tokoh Antagonis dan lainnya
Jiumo Zhi, Duan Yanqing, Youtanzhi, Murong Fu
(pending)

Bisa dilihat diatas bahwa total ada enam versi adaptasi, rata-rata satu adaptasi itu sekitaran sepuluh tahun, sehingga biasa orang sebut versi tahun 80an, 90an, 2000an, 2010an, 2020an. Untuk yang versi adaptasi tahun 1990 itu sangat tidak terkenal, bahkan sebagian besar orang tidak tahu bahwa ada adaptasi Demi Gods and Semi devils tahun ini. Diproduksi oleh CTV Taiwan, dan dibintangi oleh Austin Wai dan Eddie Kwan. 

Pendekar Negeri Tayli 2021 saya lihat mendapat cukup banyak respon negatif dan kritik. Di situs Douban (situs tentang serial drama china terbesar), hanya mendapat rating 3.7, yang paling rendah dari semua enam versi adaptasi. Versi tahun 2013 saja mendapat rating 4.5 . Paling tinggi ratingnya adalah versi 1997 (felix wong) dengan nilai 9.0 (rating segitu tinggi sangat jarang terjadi di douban)

sebagai catatan tambahan, Jin Yong melakukan revisi cerita Demi Gods and Semi Devils pada bulan November 2002 (yang kita sebut edisi 3) . Sehingga adaptasi versi tahun 2003 dan kebawah menggunakan edisi dua, sedangkan yang tahun 2013 keatas tentunya menggunakan edisi tiga. Salah satu revisi cerita yang dilakukan dan paling umum dikenal adalah tentang hubungan Duan Yu dan Wang Yuyan, dimana Wang Yuyan pada ending cerita sudah tidak berakhir dengan Duan Yu lagi. Lihat halaman Duan Yu dan Istri untuk informasi lebih lanjut.

Dari sekian banyak versi adaptasi, manakah  yang menjadi favorit kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar