Sinopsis Drama Pedang di Atas Salju (Sword Snow Stride)



Sinopsis Pedang Di Atas Salju

Pedang Di Atas Salju menceritakan seorang tokoh bernama Xu Fengnian, seorang anak bangsawan yang sombong namun berbakat yang ayahnya menaruh harapan terlalu besar padanya. Setelah beberapa kesulitan, ia tumbuh menjadi kuat dan menjadi pelindung bangsa.

Xu Fengnian (diperanin oleh Zhang Ruoyun) melakukan perjalanan yang tidak menentu di dunia persilatan. Meskipun jalannya panjang dan sarat dengan pembunuhan kejam, ia bertahan dengan meningkatkan keterampilan seni bela dirinya. Xu Fengnian termotivasi untuk balas dendam ibunya dan menjalin persahabatan dengan individu-individu dari berbagai lapisan masyarakat.

Ketika pasukan Beimang memulai serangannya terhadap Dataran Tengah, Xu Fengnian kembali dari perjalanannya untuk memimpin kavaleri besi untuk bertahan. Pertikaian di dalam istana kekaisaran mengakibatkan kematian 300.000 tentara, namun Xu Fengnian berjuang untuk mendapatkan kembali tanah yang hilang demi melindungi rakyat jelata.


poster pedang di atas salju
tiga tokoh utama Pedang Di Atas Salju


Review Pedang Diatas Salju

judul inggris: Sword Snow Stride (2021)

  • Judul Asli: 雪中悍刀行
  • Judul Indonesia: Pedang Di Atas Salju
  • Judul Alternatif: The Snowy Path of the Heroic Blade, Sword in the Snow, Knife in the Snow, Knives in the Snow, Xue Zhong Han Dao Xing, Syut Jung Hon Dou Hang
  • Penulis Naskah/produser: Wang Juan
  • Direktur: Song Xiao Fei
  • Jumlah Episode: 38 (dipotong dari rencana awal 50 episode)
  • Waktu tayang: 15 Desember 2021
  • Perusahaan Produksi: New Classics Media, Tencent Penguin Pictures, Nesound
  • Jaringan: Tencent Video (WeTV)

sinopsis sword snow stride

 Drama Sword Snow Stride ini dibuat oleh pengarang bernama Feng Huo Xi Zhu Hou yang diadaptasi dari novel berjudul Knife in the Snow. Pengarangnya sih tidak terkenal, bahkan belum ada karyanya yang diadaptasi ke serial drama silat mandarin selain ini. Tapi produser film dari adaptasi ini cukup menjanjikan, sama orangnya dengan yang buat cerita Joy of Life. Jika Anda pernah menonton judul itu, sudah pasti tahu itu karya fenomenal yang sangat bagus, saya sampai sekarang belum pernah mendengar orang bilang biasa-biasa saja.

saya lihat novelnya 'Knife in the Snow' itu di labelin dengan genre Xianxia, ada juga yang bilang Xunhuan, padahal saat saya menonton beberapa video trailernya, tidak terasa ada unsur xianxia, jadi tidak tahu deh yang benar adalah genre Wuxia atau Xianxia. Jika ternyata benar Xianxia, maka tidak seharusnya saya review dan buatin artikelnya di blog Wuxia Indonesia ini. 


Pedang diatas salju
Poster Pedang Diatas Salju

Cerita dimulai dengan pembahasan soal setting cerita yang berada di lokasi bernama benua Shenzhou (divine land), suatu waktu terjadi kekacauan perang, sembilan negara saling berperang; Beimang, Liyang, Wei, Tang Selatan, Yue Timur, Later Song, Chu Barat, South Tang, Da Wei, Shu Barat (kalau di hitung koq ada sepuluh ya, ga tau deh, mungkin Beimang yang berada di daerah dingin tidak termasuk karena awal-awal dibilang sisihkan dulu). 

Dari semua negeri itu, Liyang dan Chu Barat mengalahkan negeri lain dan menyatukan delapan negeri, dengan pasukan berkuda Beiliang terlalu kuat dan berhasil menghancurkan enam negeri sendirian. Panglima dari pasukan itu adalah Xu Xiao (bukan keturunan keluarga kerajaan) yang mempunyai kekuatan 350.000 pasukan, dia juga memiliki gelar raja Beiliang (beiliang juga nama provinsi).

Kemudian yang tersisa yaitu negara Liyang dan Chu Barat berperang, Chu Barat kalah perang dan 120.000 pasukannya lenyap, sehingga negara itu musnah ditaklukkan negeri Liyang. 

Belasan tahun pun berlalu...,suatu hari, sang tokoh utama Xu Fengnian, putra sulung dari Xu Xiao, yang tiga tahun lalu keluar dari Beiliang untuk berpergian keliling dunia, Sekarang waktunya bagi dia untuk kembali ke Beiliang. Pakaian dia seperti gelandangan atau orang miskin yang kotor, jorok, dan dia ditemani oleh seorang pak tua yang dia panggil si tua Huang (Lao Huang).


sword snow stride


Dalam perjalanan kembali ke kota Lingzhou (ibukota provinsi Beiliang dan markas utama pasukan Beiliang), dia disergap oleh sekelompok bandit. Para bandit ini ternyata adalah mantan pasukan Chu Barat yang dulunya dimusnahkan oleh Xu Xiao. Mereka mendapat informasi dari orang dalam di pasukan Beiliang (mata-mata) bahwa Xu Fengnian akan melakukan perjalanan kembali ke kota Lingzhou. 

Mantan pasukan Chu Barat ini tidak mengenal bagaimana wajah Xu Fengnian, jadi melihat seorang pemuda yang berusia sekitaran Xu Fengnian, mereka langsung curiga, sehingga melakukan testing terhadap dirinya, ternyata Xu Fengnian tidak mengerti ilmu silat sama sekali. Dengan pakaian yang kotor mirip orang miskin dan tidak mengerti ilmu silat, tidak mungkin dia adalah seorang anak dari panglima Xu Xiao yang ahli silat terkenal.

Besoknya, Xu Fengnian kembali melakukan perjalanan, tapi kemudian di kejar oleh para bandit itu, ternyata para bandit baru mendapat lukisan wajah Xu Fengnian dari mata-mata. Saat mereka berusaha membunuh Xu, seorang pendekar wanita berjubah putih dengan senjata pedang ganda (satu panjang, satu pendek) menolongnya, si pendekar wanita mengatakan bahwa dia akan menjaga keselamatan nyawanya tetapi meminta imbalan  perjanjian bahwa dia diperbolehkan masuk ke Paviliun Tingchao nantinya, sebuah perpustakaan keluarga Xu yang di dalamnya berisi banyak ilmu silat dunia yang dikumpulkan oleh Xu Xiao. Xu Fengnian yang tidak bisa ilmu silat, kemudian meng-iyakan kesepakatan itu.

pendekar diatas salju

pendekar diatas salju 2

Setelah berhasil lepas dari para bandit mantan prajurit negeri Chu Barat, mereka tiba di sebuah kedai dan memesan makanan (dan arak tentunya), disini para bandit kembali muncul, kemudian pendekar wanita berjubah putih pun kembali muncul. Dan saat mereka bersiap untuk bertarung lagi untuk kedua kalinya. Xu Fengnian melakukan bunyi siulan yang keras, sinyal untuk memanggil pasukan Beiliang, ternyata mereka saat itu sudah berada di wilayah Lingzhou, markas pasukan Beiliang. 

Dengan cepat, sebuah pasukan datang dan dikepalai oleh jendral beladiri bernama Ning Emei dari kamp Fengzi. Tidak lama setelah itu, datang anak kedua dari Xu Xiao yaitu Xu Longxiao, yang berarti adik dari Xu Fengnian. Hubungan mereka sebagai saudara sangat dekat. Cuma yang anehnya, jendral Ning Emei memanggil Xu longxiao sebagai pangeran (xiao wangye) dan berlutut, sedangkan saat bertemu dengan Xu Xiao cuma memanggilnya tuan Xu dan tidak turun kuda, alasannya kenapa belum ketahuan.


event kedai sword snow stride


Akhirnya mereka tiba ke kota Lingzhou, para bandit ditangkap dan dipenjarakan. Disini yang muncul keanehan cerita... hubungan Xu Fengnian dan ayahnya (Xu Xiao) sangat aneh, tidak biasa, dan boleh kukatakan tidak masuk akal kenapa bisa begitu. Kalian pun pastinya akan merasa kebingungan melihat hubungan mereka yang tidak wajar saat menonton.

 Xu Fengnian disini (kota Lingzhou) seolah memiliki kekuasaan yang sangat besar, semua orang sangat takut, menghormati, menganggumi, menyanjung, memujinya. Dia adalah penguasa taman Wutong yang berada dekat di lokasi paviliun Tingchao. Disini dia memiliki 20 lebih pelayan wanita cantik yang melayaninya.


wetv pedang diatas salju


Bagi pencinta drama cerita silat dengan wanita-wanita cantik, maka disini akan banyak menemui tokoh wanita cantik. Bayangkan saja, para pelayan-pelayannya keluarga Xu yang kelas rendahan saja sudah cantik, belum lagi yang kelas lebih atas dari taman Wutong milik Xu Fengnian. Di episode 2, diperkenalkan tiga pelayannya yang bernama Qing Niao, Hong Shu, dan Jiang Ni, mereka memakai pakaian berbeda, sehingga nampaknya pelayan kelas lebih tinggi. Melihat mereka berdiri dibelakang tokoh utama, saya jadi teringat sosok Chu Liuxiang.


pendekar pedang diatas salju
Xu Fengnian dan 3 Pelayannya


Xu Xiao selain memiliki dua anak (Xu Fengnian dan Xu longxiao), juga mengangkat enam anak angkat, semuanya merupakan jendral yang memiliki tanggung jawab militer masing-masing.

Disebut alasan Xu Fengnian melakukan petualangan ke dunia persilatan atau jalan-jalan berkeliling dunia adalah untuk menghindari pernikahan dengan tuan putri kaisar, karena jika mengetahui bahwa Xu Fengnian adalah keturunan keluarga Xu yang tidak berguna, maka urusannya gawat. 

Xu Fengnian dikenal sebagai keturunan tidak berguna yang tidak mengerti ilmu silat, suka berfoya-foya, bersenang-senang, playboy, bermain-main. Sebagai keturunan dan pewaris pasukan Beiliang harusnya tidak seperti itu. Nampaknya ada banyak rahasia dalam hal ini.

Pendekar wanita berjubah putih kemudian diketahui bernama, Nangong Puye, keluarga bangsawan dari Beimang, satu-satunya negeri yang belum ditaklukkan negeri Liyang dan berbatasan langsung dengan Liyang (lihat paragraf pertama). Sehingga memunculkan tanda tanya, kenapa anak seorang bangsawan negeri Beimang harus ke Liyang untuk belajar ilmu silat di saat kedua negeri dalam situasi sedang tegang.

Cerita kemudian akan berpusat ke tahap penyelidikan, siapa yang berusaha untuk membunuh Xu Fengnian, kecurigaan awal adalah salah satu dari enam anak angkat Xu Xiao. Selain alasan mengapa Xu menjadi target pembunuhan, kemudian juga berbagai misteri dan latar belakang Xu Fengnian yang tidak wajar akan terbuka sedikit demi sedikit tentunya. Serta tidak lupa, proses belajar ilmu silatnya.


Kesimpulan Sword Snow Stride

Drama silat Sword Snow Stride (pedang diatas salju) ini tampak bukan drama yang terlalu banyak cerita sedih atau serius, dari pengamatan episode awal dan dari video trailernya, terkesan banyak adegan bercanda atau scene lucunya, nampaknya menyajikan cerita silat yang tidak terlalu tegang, lebih ke fun fun saja dengan beberapa adegan komedi/kocak. 

Jika kalian penyuka cerita yang tidak terlalu tegang atau bikin stress, ini wajib untuk ditonton. Sampai episode kedua, belum nampak ada unsur Xianxia nya, tidak tahu bagaimana kedepannya. Yang suka cuci mata, disini juga akan disuguhkan banyak wanita cantik.

Untuk aktor, karena saya kurang ikut berita entertainment atau menonton drama mandarin, jadi saya hanya mengenal aktor dari tokoh Xu Xiao, yaitu Hu Jun, siapalagi kalo bukan pemeran Xiao Feng/Qiao Feng dalam demi gods and semi devils 2003? Kemudian cukup banyak wajah-wajah dari drama Joy of Life disini termasuk tokoh utamanya, tapi saya tidak hafal nama aktornya. Untuk koreografi aksi bertarungnya, cukup bagus, biarpun tidak heboh gimana, saya kasih nilai 6 gitu deh, kadang ada menggunakan efek slow motion pastinya.

Saya rasa drama silat ini layak untuk ditonton. Setidaknya dari pengamatan saya di dua episode awal.

Mohon maaf jika review ada yang salah, akan dikoreksi nantinya jika ada.


drama wuxia sword snow stride

Sword Snow Stride Review

Rating: 4.2


 



Galeri Tokoh Pedang Di Atas Saju


pedang di atas salju
Xu Xiao

tokoh Pedang Di Atas Salju
the Squad


Poster drama Pedang Di Atas Salju 2

tokoh pria pedang diatas salju



Casting Pemeran Drama Pedang Di Atas Salju

  • Zhang Ruo Yun sebagai Xu Fengnian
  • Hu Jun sebagai Xu Xiao
  • Li Geng Xi = Jiang Ni
  • Zhang Tian Ai = Nangong Pushe
  • Vengo Gao Wei Guang = Chen Zhipao
  • Li Chun = Xuanyuan Qingfeng
  • Liu Duan Duan = Zhao Kai
  • Li Nian = Xu Zhihu
  • Qiu Xin Zhi = Li Chungang
  • Tian Xiao Jie = Wei Shuyang
  • Wang Tian Chen = Zhao Xun
  • Meng Zi Yi = Hong Shu
  • Sui Jun Bo = Pei Nanwei
  • Zhang Yi Shang = Shu Xiu
  • Du Yu Ming = Han Diaosi
  • Gao Tai Yu = Ning E'mei
  • Liu Tian Zuo = Zhu Lushan
  • Shen Bao Ping = Wang Chonglou
  • Tao Hai = Hudi Laokui
  • Wang Tong Hui = Cao Changqing
  • Xuan Yan = Chen Liangxi
  • Yang Hao Yu = Old Huang
  • Yu Yang = Zhao Heng
  • Zhang Tian Yang = Lu Qiantang
  • Ding Xiao Ying = Qing Niao
  • Dong Yan = Zhao Fengya
  • Liao Hui Jia = A A Guniang
  • Rong Zi Shan = Xu Longxiang
  • Han Hao Lin = Zhao Xuansu
  • Yu Rong Guang = Wang Xianzhi
  • Dong Jie = Wu Su
  • Wang Yan Lin = Wen Hua
  • Janice Man = Xu Weixiong
  • He Zhong Hua = Deng Taihe
  • Zhang Xiao Chen = Hong Xianxiang
  • Liu Pei Qi = Li Yishan
  • Hou Chang Rong = Zhang Julu
  • Wang Hui Chun = Yang Taisui
  • Gao Guang Ze = Wu Liuding
  • Wang Jian Guo = Wang Yongquan



update 16 desember:
Drama Sword Snow Stride atau Pedang Di Atas Salju ini ada beberapa getaran rasa Joy of Life, jadi bagi yang suka drama Joy of Life biarpun tidak sebagus drama JoL (ini drama yang susah dikalahkan kualitasnya), bisa lepas rindu disini, biarpun tidak seratus persen mirip, tapi ada getarannya lah, dan yang pasti ini tidak akan habis dalam satu season, soalnya novel asli saya dengar sampai 4 juta lebih huruf, melebihi EverNight (3.74 juta), Joy of Life (3.81 juta), Story of Minglan (1.37 juta), Legend of Fuyao (1.34 juta), Demigods and Semi-Devils (1.21 juta), The Return of the Condor Heroes (979 ribu), The Heavenly Sword and Dragon Saber (956 ribu).

Tokoh utama awal-awal karena tidak bisa ilmu silat, lebih mengandalkan otak atau kepintarannya dalam memecahkan kasus.

Agak bingung dengan genrenya, awalnya mirip Wuxia, kemudian nonton lebih lanjut koq jadi mirip drama politikal/politik kerajaan ala Joy of Life, kemudian terasa ada unsur harem juga dan kasus penyelidikan/pemecahan kasus, dan mungkin kedepannya ada unsur Xianxia dan Xuanhuan, serta wuxia romance dan komedi/humor.
Tapi biarpun ini nantinya ternyata Xianxia (fantasy), halaman review Sword Snow Stride ini tidak akan saya hapus, karena sudah terlanjur dibuat dengan panjang.

update lagi:
Konfirmasi: serial drama Sword Snow Stride atau Pedang Di Atas Salju ini dipastikan bergenre Xuanhuan (ataupun xianxia, saya kurang bisa membedakan dua genre ini).

Apakah akan ada Sword Snow Stride season 2?

Ya, dipastikan akan berlanjut ceritanya di musim kedua, karena pada akhir season 1 diceritakan sang tokoh utama Xu Fengnian berangkat ke negeri lain.

-

Hashtag:  #Tencent  #WeTV


Sumber Referensi:

  1. Chinese Drama Info
  2. WeTV : Pedang diatas salju


Next Post Previous Post
1 Comments
  • Susi Susindra
    Susi Susindra 14 Maret 2022 21.01

    Menurutku drama ini wuxia meski silatnya sedikit. Memang ada kultivasi tapi tidak dominan. Kalau JOL itu xuanhuan, karena dari masa depan.
    Menurutku lho ya

Add Comment
comment url