Duan Zhengming, kaisar terbijaksana dari cerita Demi gods & semi devils

oleh Andy Pranoto


duan zhengming
Duan Zhengming pada demi gods and semi devils 2021


Duan Zhengming adalah kaisar dari negeri Dali (tayli) pada cerita Pendekar dari Negeri Tayli (demi gods and semi devils). Nama resmi kerajaannya adalah Kaisar Baoding.

Walaupun bukan merupakan tokoh dengan ilmu silat tertinggi dan walaupun tidak mendapatkan cukup banyak porsi di novel Demi Gods and Semi Devils, Duan Zhengming adalah salah satu tokoh favorit saya disamping tokoh-tokoh utama.

Saya sangat senang dengan cara Jin Yong (chin yung) mendeskripsikan tokoh ini. Begitu terlihat elegan dan berwibawa sebagai tokoh dunia persilatan sekaligus juga sebagai Kaisar dari Kerajaan Dali.


Berikut beberapa moment berkelas dari Duan Zhengming:

  • Pada saat menegur adiknya Duan Zhengchun yang hendak menawan Qin Hongmian dan Gan Baobao. Duan Zhengming membebaskan totokan pada kedua wanita itu dari jarak jauh menggunakan Yiyang Zhi. Hal ini menunjukkan "kesopanan" dari Duan Zhengming untuk membebaskan totokan tanpa menyentuh Qin Hongmian & Gan Baobao, sekaligus juga memamerkan kehebatan Yiyang Zhi yang membuat Zhong Wanchou terkesima. Pelepasan kedua wanita itu juga menunjukkan Duan Zhengming merasa tidak pantas menahan dan menyandera wanita lemah yang bahkan mereka tidak ikut terlibat sebagai alat negosiasi, itu bukan tindakan ksatria. Di saat itu Duan Zhengming juga mengatakan keluarga Duan akan secara resmi berkunjung ke Wanjie Valley (lembah 10ribu bencana) untuk membebaskan Duan Yu tanpa membutuhkan sandera dari pihak lawan. Dalam hal ini Duan Zhengming juga dapat membedakan posisi keluarga Duan sebagai anggota Wulin (dunia persilatan) bukan sebagai anggota kerajaan.
  • Pada saat berseteru dengan Duan Yanqing dan menyadari identitasnya. Duan Zhengming mengakui Duan Yanqing sebagai Yanqing Taizi (pangeran keturunan darah biru dan penerus sah takhta), dan sempat berniat ingin mengembalikan takhtanya, sebelum kemudian diingatkan oleh Gao Shentai dan lainnya tentang resiko yang akan terjadi jika kedudukan kaisar negeri Dali diserahkan ke pemimpin 4 penjahat itu. Hal ini menunjukkan ketidakegoisan dan menjunjung kebenaran nyata. Duan Zhengming juga cepat bertindak untuk menunjuk Duan Zhengchun sebagai putra mahkota untuk antisipasi mencegah Duan Yanqing melakukan klaim terhadap tahta kerajaan Dali jika terjadi sesuatu. Di saat bersamaan DZM mengundang biksu Huangmei Dashi (alis kuning), sebagai "orang luar", untuk menghadapi Duan Yanqing. Hal ini bertujuan untuk:
    • Menghindari pertikaian langsung antara keturunan keluarga Duan yang tentu akan berkonotasi sebagai perebutan tahta kerajaan.
    • Mengganggu konsentrasi Duan Yanqing, sehingga para jago-jago Dali lain dapat menolong Duan Yu.
  • Negosiasi dengan biksu Huangmei Dashi (alis kuning) dengan memakai "alat negosiasi" menghapuskan pajak atas garam bagi rakyat Dali, menunjukkan Duan Zhengming sebagai negarawan juga ahli taktik yang unggul. Kemudian sebagai tindak lanjut dia memerintahkan penghematan penggunaan garam dalam istana.
    (note: garam ternyata merupakan komoditas yang sangat vital di era tsb. Terutama untuk Dali yang tidak memiliki pantai. Di kisah HSDS (heavenly sword and dragon sabre) juga menggambarkan garam sebagai komoditas penting, karena Sea Sand Sect sampai berprofesi sebagai penyelundup garam, di kisah DOMD (duke of mount deer) juga sempat bercerita tentang orang lebih memilih membeli garam illegal yang lebih murah)
  • Pada saat hendak mengobati Duan Yu di Tian Long Si (kuil naga langit). Kebijaksaan Duan Zhengming yang lebih mementingkan pertarungan dengan Jiumozhi dibanding pengobatan Duan Yu, menunjukkan DZM mendahulukan kepentingan yang lebih besar.
  • Duan Zhengming awalnya menjadi biksu kuil naga langit karena situasi genting kuil naga langit dan permasalahan Duan Yu saat itu, kemudian pensiun dan menyerahkan kedudukan kekaisaran kepada Duan Zhengchun atau Duan Yu, menunjukkan ketidakegoisannya dan ketidak-nafsuan atas kekuasaan, dan lebih mementingkan orang lain.
  • Pada saat menasehati Duan Yu terkait rahasia ayah kandung-nya. DZM menasehati Duan Yu untuk tidak menyebarkan rahasia ayah kandung-nya untuk menjaga nama DZC dan juga menyakinkan Duan Yu kalau dia tetap merupakan pewaris tahta Dali yang sah. Duan Zhengming tidak keberatan sama sekali memberikan takhta kepada Duan Yu biarpun tahu bukan anak kandung Duan Zhengchun. Sekilas peran DZM dalam membimbing Duan Yu lebih terasa daripada Duan Zhengchun. 

Karena hal itu, rasanya mungkin Duan Zhengming merupakan Kaisar Dali terbaik (secara fiksi di novel Jin Yong) dibanding tokoh lain yang menjadi Kaisar Dali.

Gao Shengtai pernah mengatakan kalau Duan Zhengming adalah Kaisar yang lebih baik bahkan jika  dibandingkan dengan kaisar Shengde Huangdi, pendahulu-nya.

Tidak terdapat info tentang bagaimana kerja Duan Yu sebagai Kaisar Dali, tetapi mungkin Duan Yu pun sulit menandingi kebijaksanaan dan ketegasan Duan Zhengming sebagai Kaisar Dali.

Duan Zhixing (Southern Emperor/Duan Wangye alias Kaisar Selatan atau biksu Yideng Dashi) dalam cerita trilogi pendekar rajawali juga tidak dapat menandingi Duan Zhengming. Duan Zhixing seperti-nya banyak menghabiskan waktu untuk berlatih ilmu silat untuk pertarungan di puncak Huashan dan juga akibat masalah perselingkuhan Yinggu dan Zhou Botong (ciu pek tong), sehingga akhirnya memilih turun takhta dan menjadi biksu.

(note: kalau berdasarkan sejarah, Duan Zhengming dipaksa turun takhta & menjadi biksu oleh Gao Shengtai)


artikel oleh Andy Pranoto dengan ijin dan edit dikit.

---

demi gods and semi devils 2003
versi Demi Gods and Semi Devils 2003

Profil Duan Zhengming versi Jin Yong

Nama Kehormatan: Kaisar Baoding
Kaisar Dali Generasi ke-14
Istri: Permaisuri (tidak disebut namanya)
Anak: Tidak ada.
Saudara Kandung: Duan Zhengchun
Jabatan:
  • Kaisar negeri Dali (pensiunan)
  • Biksu Kuil Naga Langit
Ilmu Silat:
  • Tenaga Dalam keluarga Duan
  • ilmu pedang keluarga Duan
  • Yiyang Finger (ilmu jari matahari)
  • berbagai ilmu silat keluarga Duan
  • ilmu pedang 6 nadi (cuma menguasai satu nadi)


Akhir Kata:

Duan Zhengming ada merasa bersalah terhadap Duan Yanqing karena telah memerintah Dali begitu lama (biarpun itu karena berbagai situasi kondisi dan takdir), tapi pada akhirnya semua dapat terselesaikan dengan baik, Duan Zhengming dan Duan Zhengchun tidak memiliki anak kandung laki-laki, dikembalikan ke jalur yang sah seharusnya melalui Duan Yu (anak kandung Duan Yanqing), seolah semuanya sudah diatur dengan baik oleh takdir. win-win solution.



Duan Zhengchun
Sang Adik




Lihat pula: Terjemahan Nama Tokoh Demi Gods and Semi Devils bahasa lain



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url