Bagaimana Ending Drama Mysterious Lotus Casebook?

Li Xiangyi alias Li Lianhua 


Mysterious Lotus Casebook poster


Serial Drama tiongkok bergenre pemecahan kasus ala detektif dan wuxia, Mysterious Lotus Casebook, barusan berakhir episode terakhirnya yaitu episode 40 tayang pada hari tgl 16 Agustus, bersamaan dengan itu, iQiyi juga merilis 1 episode tambahan dengan durasi hanya 5 menit yang menceritakan sedikit tambahan akhir cerita, disebut episode spesial.

Selanjutnya adalah pembahasan yang spoiler, jika belum menontonnya, diharapkan jangan membacanya. 

Pada episode 40, Shan Gudao gagal dalam misinya menjadi kaisar, kemudian dia pun mati, tidak dijelaskan sama sekali kenapa tubuhnya meledak, karena Li Xiangyi hanya memusnahkan tenaga dalamnya, membuatnya cacat, bukan untuk membunuhnya.

Kemudian pada akhir episode, dikatakan bahwa bunga Styx yang cuma ada sisa 1 di dunia, diberikan oleh Li Xiangyi kepada Kaisar, lagi-lagi di sini tidak dijelaskan sama sekali bagaimana sang kaisar bisa terkena racun, dan apa jenis racunnya (padahal mungkin bisa disebuhkan dengan cara lain), tapi cuma dijelasin bahwa Li Xiangyi memberikan bunga Styx ke Kaisar sehingga dirinya sendiri tidak bisa diselamatkan lagi.

Adapun alasannya memberikan kepada Kaisar adalah yang pertama, kemungkinan bunga Styx menyembuhkan dirinya hanya 30%, jadi bagusan diberikan kepada orang lain yang kesembuhannya pasti. Kedua untuk kepentingan orang banyak, karena status kaisar jika meninggal akan berdampak luas. Yang ketiga adalah karena kaisar memiliki sindrom curiga yang umum terjadi bahwa orang ingin merebut takhta kekaisaran, dan ayah Fang Duobing menutupi rahasia bahwa Fang Duobing adalah anak dari Shan Gudao, membohongi kaisar bukanlah sesuatu yang bisa dipercaya, belum lagi Li Xiangyi adalah keturunan kerajaan Nanyi. Demi melepas dan memperlunak kecurigaan kaisar terhadap keluarga Fang, serta alasan lainnya di atas, Li Xiangyi memberikan bunga Styx.

Pada akhir episode 40, Li Xiangyi pun pergi sendiri mengembala, karena dia tidak mau menjadi beban orang lain, tidak ingin meninggal di depan orang dan menjadi pemberitaan orang, memilih menjalani sisa hidup menyendiri. 

Pada episode tambahan (extra episode), di sebut Fang Duobing dan teman-teman lainnya tetap mencari keberadaan Li Xiangyi (Li Lianhua) dimana-mana, sampai akhirnya 3 bulan pun berlalu, anjing Li Xiangyi yang berjuluk rubah merah dan Fang Duobing secara kebetulan menemukan kantong milik Li Xiangyi di tangan seorang pengemis, dan menurut pengakuan pengemis, kantong itu dia pungut dari sebuah jasad di pantai.

Fang Duobing dan Di Feisheng pun pergi menuju ke lokasi pantai tersebut, di sini yang sutradara atau penulis naskah drama sengaja membuat kabur, sehingga menciptakan akhir cerita yang disebut "Open Ending", suatu jenis ending yang menyuruh para penonton menyimpulkan sendiri bagaimana akhirnya berdasarkan implementasi masing-masing.

Dari adengan terakhir itu, saya memperkirakan bisa menjadi berbagai kemungkinan ending, mungkin sekitar empat:

  1. Yang pertama adalah yang paling populer, yaitu Happy ending. Paling populer karena orang cenderung lebih suka akhir yang bahagia. Li Xiangyi masih tetap hidup, tapi tidak dijelaskan sama sekali kenapa dia secara ajaib bisa hidup dari racun ganas yang tidak ada obatnya selain dari bunga Styx. Bahkan ada penonton yang berdebat mengatakan bahwa mata Fang Duobing, si rubah, dan Di Feisheng tidak melihat ke arah bawah, berarti memang melihat sosok Li Xiangyi yang berdiri di pantai.
  2. Yang kedua, Li Xiangyi bertahan hidup lebih lama dari perkiraan, sampai lebih dari 3 bulan, tetapi dia tetap tidak bisa sembuh dari racun bicha, sehingga menghabiskan sisa waktu hidupnya yang tinggal sebentar dengan kedua sahabatnya.
  3. Yang ketiga, si pengemis katanya menemukan kantong itu dari jasad, jasad itu memang Li Xiangyi, jadi sosok Li Xiangyi yang muncul di pantai hanyalah penggambaran drama bahwa sebelum meninggal Li Xiangyi memang pernah sempat ke pantai itu, dan saat kedua temannya datang beberapa bulan kemudian, mereka tidak bisa menemukan apapun, hanya pantai yang kosong.
  4. Yang keempat, kemunculan bayangan Li Xiangyi hanyalah imajinasi Fang Duobing.
Bagaimana dengan ending novel? saya belum membaca novelnya, tetapi dari yang saya dengar, akhir novelnya Li Xiangyi masih tetap hidup, tetapi menjadi buta (atau hampir mendekati buta), hilang ingatan secara total (amnesia), dan tangan kanannya lumpuh serta beberapa dampak efek negatif lainnya. Fang Duobing yang mengurus Li Xiangyi semenjak itu. Biarpun hidup, cukup sedih juga situasi begitu, mungkin ini yang menyebabkan sutradara membuat "open ending" pada versi adaptasi serial dramanya.

Tetapi tentu saja serial drama dan novel seringkali dibuat berbeda, karena tergantung sutradara dan penulis naskah drama, umumnya beberapa hal melenceng, sebagai contoh Shan Gudao aslinya tidak ada di novel, yang membuat drama benar-benar melenceng banyak.

Rumornya, pada versi CCTV yang akan berakhir 1-2 minggu lagi, akan memiliki versi ending yang lebih lengkap dibandingkan dengan iQiyi, yang akan lebih jelas. Tapi itu hanya sebatas rumor, tidak diketahui kebenarannya, jadi kita tunggu saja.

Untuk yang ingin membaca novelnya, saya lihat ada di Wattpad untuk bahasa Indonesia, tapi saya tidak tahu kualitas terjemahannya. Monggo cek di sana jika tertarik membaca novelnya.

Bagaimana menurut pendapat kalian tentang endingnya? menurut kalian yang mana seharusnya?


Apakah akan ada Season 2?

Jb. Tidak tahu, sang produser drama Mysterious Lotus Casebook belum buka suara terkait itu, untuk novelnya sendiri tidak ada sekuel. Sang penulis novel yaitu Teng Ping, menulis 9 novel, dan ada dua judul lain yang menggunakan kata Lotus, tetapi rasanya bukan sekuel.


Baca juga:

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url