Hantu Wanita Berambut Putih (Story of the White Haired Demoness / Baifa Monü Zhuan), Mahakarya Wuxia dari Liang Yusheng

 

Hantu Wanita Berambut Putih
Adaptasi Drama Wuxia Hantu Wanita Berambut Putih

 Wuxia Indonesia - White Haired Demoness adalah sebuah novel cerita silat yang merupakan karya dari pengarang ternama kelahiran China Liang Yusheng (liang-ie-shen), yang dapat diterjemahkan menjadi "Legenda Iblis Wanita Berambut Putih". Ceritanya telah diadaptasi ke berbagai film, serial drama TV, game, dan media lainnya.

Legenda Iblis Wanita Berambut Putih (saduran Indonesia menggunakan judul Hantu Wanita Berambut Putih) diterbitkan pertama kali tanggal 5 Agustus 1957 sampai 10 December 1958 surat kabar Hong Kong "Sin Wun Pao". 

Di negeri China, Taiwan, Hong Kong dan komunitas internasional, novel ini dianggap sebagai judul pertama dari seri Tianshan, tetapi di Indonesia dianggap sebagai yang kedelapan dari seri Tianshan (Thian-San).

'Legenda Iblis Wanita Berambut Putih' dianggap sebagai salah satu dari 3 novel terbaik Liang Yusheng, kedua lainnya adalah Perjodohan Busur Kemala (Yunhai Yugong Yuan), dan 2 Musuh Turunan (Pingzong Xiaying Lu).

Judul Alternatif:

  • 白髮魔女傳
  • 白发魔女传
  • Story of the White Haired Demoness
  • Bai Fa Mo Nu Zhuan / Baifa Monü Zhuan
  • The White Haired Witch
  • The Bride with White Hair
  • Legend of the White Hair Brides
  • Romance of the White Haired Maiden 
  • White Haired Devil Lady
  • Wanita gagah perkasa
  • Hantu Wanita Berambut Putih
  • Pek Hoat Mo Lie
  • Giok lo sat

Novel ini berkisah tentang tokoh utama pendekar wanita Lian Nichang, yang di dunia persilatan menjulukinya Yu Luo Cha (iblis giok), namun pada bagian akhir cerita juga dikenal sebagai Iblis Wanita Berambut Putih setelah rambutnya memutih. Lian Nichang adalah seorang bandit dan ahli bela diri yang terampil , dan dia awalnya digambarkan sebagai sosok cantik seperti bidadari, keras kepala, aneh, tidak masuk akal, liar, tidak mengikuti aturan, kuat, ditakuti, dan kejam. 

Novel ini berlatarkan dunia seni bela diri yang penuh dengan hubungan kompleks, intrik politik, dan beragam karakter tokoh. Seiring berjalannya cerita, karakter Lian Nichang mengalami perkembangan, dan  mengeksplorasi perasaan cinta, pengkhianatan, dan konsekuensi dari sebuah tindakan.

Legenda Iblis Wanita Berambut Putih telah menjadi cerita wuxia klasik dalam sastra Tiongkok dan telah diadaptasi menjadi banyak film dan serial TV selama bertahun-tahun, masing-masing dengan interpretasi ceritanya sendiri, hampir semuanya agak melenceng dibanding novel aslinya. Adaptasi yang berbeda mungkin berbeda dalam detail cerita dan penggambaran tertentu, tetapi tema utama masih tetap sama tentang kisah cinta tragis antara Zhuo Yihang dan Lian Nichang.

Karena adaptasi drama-nya yang mayoritas hanya fokus di cerita cinta tragis antara kedua tokoh utama, membuat judul ini jarang yang bagus dan berhasil.



Legenda Iblis Wanita Berambut Putih berlatar belakang cerita mendekati akhir dinasti Ming, rentang cerita meliputi era 4 Kaisar dinasti Ming, dari kaisar Wanli sampai Chongzhen. Rentang Linimasa novel ini sekitar 10-11 tahun lamanya dan cukup banyak lompat-lompat ceritanya. Liang Yusheng mengambil beberapa peristiwa sejarah dan tokoh asli ke dalam cerita ini.

Legenda Iblis Wanita Berambut Putih agak sulit dijawab jika ditanya ceritanya tentang apa, karena terdapat banyak bagian cerita yang digabung menjadi satu, tetapi boleh dibilang dari awal sampai akhir terdapat proses cerita pahit antara Zhuo Yihang dan Lian Nichang. 


Novel edisi cetakan baru



Cerita diawali dengan persaingan perebutan kekuasaan oleh 2 pangeran dinasti Ming, kemudian menyebabkan peristiwa "3 kasus aneh dinasti ming", kemudian masuk ke era kekuasaan kasim Wei Zhongxian yang saat itu memonopoli kekuasaan istana. Para tokoh protagonis berusaha untuk membasmi antek-antek dan mata-mata bangsa Manchu yang berkembang pesat, sedangkan kubu kasim Wei sendiri ingin membasmi para bandit dan pemberontak yang dianggap bertolak belakang dengannya.

Cerita lain meliputi dukungan terhadap Xiong Tingbi serta penerusnya Yuan Chonghuan dalam menjaga perbatasan dari invasi bangsa Manchu, konflik para bandit untuk kekuasaan terutama di area Shanxi dan Shaanxi, dunia persilatan, bertahan dari serangan kasim Wei, konflik suku-suku perbatasan, sampai dengan kisah cinta tragis Zhuo Yihang dan Lian Nichang yang berakhir di wilayah Tianshan, Xinjiang, keduanya saling mencintai tetapi tidak bisa bersatu karena Lian Nichang adalah musuh bebuyutan partai Wudang.

Tokoh utama bukan hanya meliputi Yu Luocha (Lian Nichang) dan Zhuo Yihang seorang murid wudang (yang pertengahan cerita menjadi ketua), tetapi juga mencakup Yue Mingke, seorang pendekar pedang kuat yang menjadi biksu setelah lelah menghadapi berbagai tragedi, dan kelak mendirikan sekte Tianshan. Juga ada Wang Zhaoxi, yang merupakan putra dari bandit terkenal dari keluarga Wang dan satu provinsi dengan Lian Nichang.

Karena rentang cerita yang mayoritas sebelum kaisar Chongzhen, sehingga 'Legenda Iblis Wanita Berambut Putih' rasanya cocok jika dikombinasi persilangan (cross-universe) dengan cerita 'Sword Stained with Royal Blood' karya Jin Yong yang bersetting akhir dinasti Ming, beberapa tokoh sejarah juga muncul dalam kedua cerita tersebut.


Adaptasi Drama  & Film


Serial Drama Wuxia


TahunJudul Drama
1978The Romance of the White Hair Maiden
1986The Romance of the White Hair Maiden
1995The Romance of the White Hair Maiden
1996Legend of the White Hair Brides
1999Romance of the White Haired Maiden
2012The Bride with White Hair
1986Shen Zhou Xia Lu


Film

TahunJudul Film
1959Story of the White-Haired Demon Girl part 1
1959Story of the White-Haired Demon Girl part 2
1959Story of the White-Haired Demon Girl part 3
1980White Hair Devil Lady
1993The Bride with White Hair
1993The Bride with White Hair 2
2014The White Haired Witch of Lunar Kingdom
2020The White Haired Witch
2020White Haired Devil Lady
TBAWhite Haired Witch's Blood Phoenix



Next Post Previous Post
1 Comments
  • ginkang
    ginkang 3 Desember 2023 pukul 17.46

    Di novel, sebenarnya gak ada kisah tragis percintaan.. apalagi momen pertemuan antara zhuo yihang dan lian nichang sangatlah sedikit. Kisah yang melibatkan kedua tokoh tsb sangatlah sedikit, apalagi kisah percintaannya, cayhe ulang2 screening di novelnya, cayhe sama sekali gak menemukan kisah romantisme antara zhuo yihang dan lian nichang. Kebanyakan cuma disebutkan perasaan lian nichang terhadap zhuo yihang dan perasaan zhuo yihang terhadap lian nichang.

Add Comment
comment url