HSDS2019

HSDS2019

Selasa, 26 Maret 2019

Asal-usul Golok Naga dan Pedang Langit (versi detail)

Asal-usul Material Golok Naga dan Pedang Langit (versi detail)





Jadi seperti yang kita ketahui , asal usul golok naga adalah dari Pedang Besi Berat milik Yang Guo (atau pedang baja hitam) , Yang Guo memberikan pedang besi berat kepada Guo Xiang (tidak dijelaskan bagaimana cara dan kapan dia memberikannya). Nantinya berakhir di tangan pasangan Guo Jing dan Huang Rong untuk di lebur ulang.
note: pedang besi berat (disingkat HIS) di novel edisi 1 dan 2 dibilang ditinggalkan Yang Guo saat di lembah putus cinta, kalimat itu dihilangkan pada novel edisi 3.

Golok Naga dikasih kepada putra mereka Guo Polu, dan Pedang Langit diberikan kepada Guo Xiang. Guo Polu ikut meninggal dalam penyerangan Mongol di kota Xiangyang, sehingga setelah itu Golok sering berpindah tangan.

total Jin Yong ada me-revisi novelnya sebanyak 2x , jadi total ada 3 edisi novel. jadi setiap edisi novel ternyata memiliki revisi yang berbeda tentang asal usulnya.

edisi 1 : pedang besi berat itu dilebur menjadi golok naga + pedang langit , terus masih ada sisa dikit untuk cincin emei.
edisi 2 : pedang besi berat + emas dari wilayah barat dilebur menjadi golok naga + pedang langit , uda ga ada buat cincin emei.
edisi 3 : pedang besi berat + logam dari wilayah barat dilebur menjadi golok naga , terus pedang pria dan pedang wanita menjadi pedang langit.

untuk ukuran dan berat Pedang Besi Berat pun terdapat revisi (chap 26,32,34).
pada berat pedang di edisi 1 dan 2, agak ga konsisten, terkadang pedang besi di sebut 70 Jin(35kg), kadang disebut 70 Catties (sktr 42 kg) , kadang disebut 110-130pounds (50-58 kg). di edisi 3 uda menjadi konsisten , menjadi 40 kg.
untuk ukuran, di edisi 1 disebut kurang dari 1 meter, di edisi 2 itu disebut panjangnya sedikit lebih dari 3 kaki (alias 90an cm), pada edisi 3 sudah di revisi menjadi 100 cm+ .

untuk ukuran dan berat Golok Naga dan Pedang Langit, pada awal cerita Golok Naga disebut berukuran sekitar 1 meter, dengan berat lebih dari 50 kg. Pedang Langit memiliki ukuran hampir sama yaitu panjangnya 1 meter, berat tidak diketahui / tidak disebut. Pada edisi 1, berat Golok Naga dikatakan lebih dari 70 kg (dengan sekali disebut diperkirakan 75kg, berarti antara 70-75kg)

untuk material, kenapa di revisi terus menjadi perlu bahan yang lebih banyak dan lebih banyak oleh om Jin Yong? saya curiga karena saat di edisi 1, seolah-olah itu pedang jadi sangat besar, gara-gara adaptasi drama versi andy lau, semua ikut pake pedang ukuran besar mirip golok, padahal aslinya ga gitu, di novel sama sekali ga pernah dibilang ukurannya besar, cuma berat, mungkin gara2 dibilang "Berat" dan gara-gara versi andy lau, semua jadi berpikir itu ukuran super besar jadi macam Golok besar. ada beberapa point yg menunjukkan itu ukuran pedang biasa, tapi ga mungkin dibahas disini krn kepanjangan.

kemudian, pernahkah Anda mendengar tentang cerita pedang yang didalam perut ular?, itu adalah Pedang Mawar Ungu. apakah itu? itu adalah pedang nomor 2 dari Dugu Qiubai, ingatkan kalo dia ada 4 pedang? pedang nomor 2 itu ga ditemukan di Gua dugu qiubai, diganti dengan batu dan tulisan doank , yang katanya dia buang di lembah setelah melukai orang baik , sayangnya pedang ini hanya ada di edisi lama (alias edisi 1), pedang ini yang memotong lengan Yang Guo di edisi 1, tapi kemudian di revisi, pedang ini sama sekali tidak disebut lagi di edisi 2 dan 3 .
lalu apa yang memotong tangan Yang Guo di edisi revisi? , adalah pedang Pria . Saat guo fu dan yang guo bertengkar, guo fu menghunus pedang Wanita tapi Yang Guo berhasil menghindar dan menampar Guo Fu sampai pedang Wanita jatuh , kemudian Yang Guo terjatuh karena saat itu sedang terluka, kemudian Guo Fu mengambil pedang Pria yang sedang tergantung di samping dan menggunakannya untuk memotong lengan Yang Guo.

Jadi untuk edisi 3, Pedang Langit ini asalnya 1/2 adalah dari pedang pria, 1/2 dari pedang wanita.

Didalam Golok Naga dan Pedang Langit terdapat lempengan plat besi yang terukir peta dan informasi mengenai suatu pulau, dimana pulau itu terkubur Kitab Perang Wumu, Kitab 9-Yin, ilmu-ilmu Hong Qigong dan Huang Yaoshi. (edisi 3)
catatan: pada edisi 1 dan 2, didalam Golok Naga dan Pedang Langit, langsung ada kitab ilmu silat (termasuk ada 18 tapak naga) dan kitab perang wumu .
Alasan di revisi? pertama karena kitab ilmu 9-Yin itu harusnya isinya banyak, tebal dan ga memungkinkan dimasukin kedalam golok dan pedang langit. Alasan kedua karena bahannya mudah terbakar saat peleburan api.

3 komentar:

  1. jos penjelasannya bang. dulu pernah baca alasan2 revisi jin yong soal berat dan ukuran golok pembunuh naga dan pedang langit tapi kurang faham. satu lagi yg masih bingung soal revisi beliau tentang kitab wumu dan kiu im cin keng. kalo di film serial heavenly sword 2019 pake yg versi mana ya? kitab di tulis di lempengan kecil yg lalu disalin zhiruo dan diberikan ke zang wuji di shaolin. atau lempengan yg berisi peta?

    BalasHapus
  2. HSDS 2019 menggunakan edisi 3 (lempengan berisi peta), yg tahun 2009 harusnya juga begitu.

    Jin Yong melakukan revisi 2x pada novelnya, yang revisi pertama sekitar tahun 1970-1980, sehingga adaptasi TV 1980-2003 mayoritas menggunakan edisi 2 (revisi ke-1), sedangkan novel revisi ke-2 (edisi 3) dilakukan Jin Yong sekitar tahun 2003-2005, sehingga adaptasi TV tahun 2005 keatas menggunakan edisi 3.

    BalasHapus
  3. HSDS 2019 by the way masih pake kitab asli loh bukan peta, lgsg ada d lempengan besi

    BalasHapus