HSDS2019

HSDS2019

Kamis, 07 Oktober 2021

Kenapa Jin Yong menyukai angka 7 tujuh



wudang dan quanzhen


Bertepatan dengan hari ini tanggal tujuh, Bagi para pembaca karya Jin Yong (chin yung), pasti sering melihat angka 7 (tujuh) dalam karya-karyanya. Seolah angkah tujuh ini agak mistikal, atau angka favoritnya Jin Yong, semacam magic number .  

Angka 7 Pada Cerita Jin Yong

Dari total lima belas karya cerita silat (Wuxia) yang dibuat oleh Jin Yong. Berikut adalah Tujuh contoh penggunaan angka mistik Tujuh yang muncul dalam karyanya:


# 7 Murid Quanzhen (全真七子)


sekte Quanzhen

Mereka bertujuh adalah generasi kedua dari sekte Quanzhen, semuanya pendeta taoisme, mereka adalah murid langsung dari Wang  Chongyang, pendiri sekte Quanzhen. Anggotanya:  Ma Yu, Qiu Chuji, Wang Chuyi, Tan Chuduan, Liu Chuxuan, Hao Datong, dan Sun Bu'er.

Yang Paling lemah adalah Sun Bu'er, itu sebabnya dia diberikan sebuah pedang pusaka oleh Wang Chongyang untuk menutupi kelemahannya dibanding para saudara seperguruannya. Mereka dikenal memiliki sebuah formasi bertarung yang diberi nama formasi bintang biduk.


# 7 Murid Wudang (武當七俠)


murid butong pai atau wudang 

Mereka bertujuh yang dijuluki 7 Pendekar Besar Wudang (武當七俠) adalah murid langsung dari Zhang Sanfeng. Tidak seperti sekte Quanzhen, mereka bertujuh bukanlah pendeta, biarpun partai Wudang merupakan partai berlandaskan Taoisme mirip Quanzhen. 

Biarpun mereka adalah murid langsung dari orang suci Zhang Sanfeng, tetapi yang benar-benar pernah dilatih oleh Zhang Sanfeng sendiri hanyalah lima orang. Mereka juga memiliki formasi bertarung sendiri yang dinamakan formasi Zhenwu.


# 7 Orang Aneh Jiangnan


7 orang aneh jiangnan

Tujuh orang aneh dari Jiangnan adalah para guru yang melatih Guo Jing (kwee ceng). Sebenarnya tidak semua yang melatihnya, karena salah satunya, Zhang Asheng, telah meninggal sejak awal sebelum sempat melatih Guo Jing, padahal dia yang paling cocok melatih Guo Jing.

Anggotanya: Ke Zhen'e, Zhu Cong, Han Baoju, Nan Xiren, Zhang Asheng, Quan Jinfa, Han Xiaoying. Tujuh orang aneh ini merupakan teman sepermainan semenjak kecil, sehingga tidak aneh hubungan mereka sangat dekat. Yang paling senior dan kuat adalah Ke Zhen'e, si kelelawar.


# 7 Istri Wei Xiaobao


wei xiaobao dan istri
Wei Xiaobao dan 7 istri

Wei Xiaobao (wi siau po) dalam cerita Kaki tiga Menjagan atau The Deer and the Cauldron, pada akhir ceritanya dia memiliki tujuh istri. Sang Don Juan versi dinasti Qing ini benar-benar tidak bisa lepas dari sifat mata keranjangnya yang sudah tertanam sejak dini. 

Dengan wajah yang tidak ganteng, bertubuh pendek, tidak memiliki ilmu silat tinggi, dan tidak memiliki sifat ksatria, tetapi mampu dan berhasil menggaet tujuh wanita cantik dalam cerita. 


#  Tinju 7 Luka 

ilmu Tinju Tujuh Luka yang merupakan andalan dari sekte atau aliran Kongtong. Ilmu ini diperbincangkan pada cerita To Liong To (heavenly sword and dragon sabre). Serangan tinju tujuh luka ini mempunyai ciri khas, jika yang terkena, dari luar tampak tidak terluka, padahal didalamnya sudah terluka berat atau bahkan organ dan tulang patah. 

7 Luka maksudnya lima unsur dalam tubuh manusia yaitu paru-paru, ginjal, limpa, hati, jantung ditambah energi yin-yang. Saat melatih ilmu ini, ketujuh bagian itu akan terluka, semakin tinggi tingkatan ilmu yang dipelajari, semakin parah lukanya, seperti melukai diri sendiri dulu sebelum melukai lawan. Hal ini hanya dapat dihindari jika memiliki tenaga dalam yang tinggi.

Zhang Wuji (tio buki) menghafal teori ilmu tinju 7 luka ini dari ayah angkatnya Xie Xun saat masih kecil di pulau es dan api.


# 7 Orang Formasi Hengshan

Partai Hengshan (utara), yang merupakan salah satu partai penting dalam plot utama cerita Smiling Proud Wanderer (pendekar hina kelana), memiliki sebuah formasi pedang yang hebat, yang memerlukan tujuh orang untuk membuat formasi pedang Hengshan. 

Jika biasa dalam formasi bertarung lain mengandalkan kesinergian, disini para peserta formasi Hengshan masing-masing memiliki target serangan ke titik penting pada tubuh lawan yang berbeda-beda. Formasi ini diciptakan tidak untuk membunuh, lebih ke membuat lawan tidak bisa berkutik, karena Hengshan adalah partai buddhisme sehingga menghindari upaya membunuh lawan.


# Turnamen Pedang Huashan selama 7 hari 7 malam

Turnamen Pedang Huashan yang pertama, diikuti oleh lima orang kuat yang disebut lima Jagoan (Five The Greats), yaitu Wang Chongyang, Hong Qigong, Ouyang Feng, Kaisar Duan, dan Huang Yaoshi, untuk memperebutkan kitab ilmu 9-Yin. Turnamen ini diceritakan berlangsung lamanya tujuh hari dan tujuh malam, begitu lama karena para pesertanya memiliki kekuatan yang seimbang atau setingkat. 

Turnamen huashan ini dimenangkan oleh Wang Chongyang pada akhirnya setelah begitu lama bersaing selama tujuh hari dan tujuh malam, yang menunjukkan bahwa Wang Chongyang masih lebih kuat sedikit dibanding keempat jagoan lainnya.

Lain-lain

# 7 Murid Huang Yaoshi dari pulau persik


murid huang yaoshi
masa muda murid Huang Yaoshi dalam
film Legend of the Condor Heroes

Sadar ga sih, sebenarnya jika kita menghitung jumlah murid Huang Yaoshi, totalnya adalah 7 orang. Yang merupakan murid keturunan langsung dari Huang Yaoshi ya, pada awalnya adalah 6 orang yaitu Chen Xuanfeng, Mei Chaofeng, Qu Lingfeng, Lu Chengfeng, Wu Mianfeng, Feng Mofeng. Mereka disebut murid-murid pulau persik. 

Kemudian di cerita Return of the Condor Heroes, Huang Yaoshi merekrut satu murid terakhir yaitu Cheng Ying. Untuk Shagu dan Lu Guanying tidak bisa disebut murid keturunan langsung dari Huang Yaoshi, tetapi cucu murid. Setiap murid Huang Yaoshi dikasih akhiran "Feng" pada nama, entah kenapa Cheng Ying tidak begitu, jika tidak maka namanya mungkin menjadi Cheng Yingfeng atau lainnya.

# 7 murid Wuliang yang dihisap Duan Yu

Dalam cerita Pendekar Negeri Tayli atau Demi Gods and Semi Devils. Ada sebuah partai yang namanya partai Wuliang begitu sial ketujuh muridnya menjadi korban dihisap tenaga dalamnya sampai habis oleh Duan Yu dengan ilmu Bei Ming Shen Gong.

# Hong Qigong

Nama Hong Qigong ini, tengahnya adalah Qi yang berarti Tujuh. Tidak dijelaskan kenapa dia dinamakan demikian. Orang tiongkok biasa suka menggunakan angka pada nama anak mereka untuk menunjukkan anak keberapa. Jadi mungkin karena Hong Qigong adalah putra ketujuh.

# Ilmu Membalikkan Langit dan Bumi

Alias Qian Kun Da Nuo Yi  atau Heaven and Earth Great Shift memiliki tujuh level atau tingkatan. Zhang Wuji berhasil mempelajari ilmu ini sampai tingkat tujuh.



Penelitian Ilmiah

Tentu saja ini hanya spekulasi, angka tujuh dalam agama Buddha mengandung arti spesial atau khusus. Angka ini dianggap ajaib. Buddha setelah baru lahir sudah berjalan sebanyak 7 langkah, Ratu Maya meninggal tujuh hari setelah melahirkan Pangeran Siddhartha. Menurut legenda, dia kemudian terlahir kembali di alam surga, ada tujuh harta dalam ajaran kitab suci agama Buddha (Seven Treasures for Buddhist Scripture / 佛教七寶之一 ) yang mewakili tujuh pribadi kekuatan berbeda.

Dalam Adat Tiongkok Tradisional, angka tujuh merupakan kombinasi dari unsur Yin, Yang, dan lima unsur/element (logam, kayu, angin, api, tanah). Kombinasi ini disebut memenuhi Harmoni dalam ajaran konfusianisme. Sedangkan dalam Taoism, ini disebut memenuhi "Tao".

pelafalan tujuh dalam mandarin disebut (Qi), mirip dengan 齊 (Qi) yang berarti kebersamaan atau pertalian persaudaraan. Pelafalan lain yang mirip 起 (Qi) dan 氣 (Qi).

Angka tujuh juga banyak digunakan dalam ritual . Bahkan dalam penanggalan, satu minggu itu ada tujuh hari.

Menurut sebuah survei, saat orang ditanya apakah angka yang dianggap identik dengan keberuntungan, maka jawaban angka Tujuh menempati posisi teratas.

Dari angka 1 sampai 10, angka 7 boleh dibilang paling spesial. Ini adalah satu-satunya angka yang tidak bisa dikali atau dibagi oleh angka lain dalam group (selain angka 1 tentunya, yang dimana angka apapun dibagi 1 maka hasilnya tetap sama). Angka 1, 2, 3, 4, dan 5 jika dikali dua, maka hasilnya masih masuk dalam 1-10. Sedangkan angka 6, 8, 10 dapat dibagi dua, dan angka 9 dapat dibagi tiga. Angka 7 tidak dapat  dikali atau dibagi dengan angka tersebut.

7 juga mengacu pada “7 Faktor Pencerahan”, seperti ketenangan dan keseimbangan serta pada “7 Unsur Mental Universal”. Ini muncul di setiap unit kesadaran, seperti perasaan dan persepsi.

Dalam agama Hindu, ada 7 dunia atas dan 7 dunia bawah.

dalam adat China, angka 7 juga cukup erat dengan kehidupan wanita, seperti yang dikutip dari salah satu situs dibawah ini:

In China 7 determines the stages of female life: a girl gets her “milk teeth” at seven months, loses them at seven years, reaches puberty at 2 × 7 = 14 years, and reaches menopause at 7 × 7 = 49. The phases of the Moon last approximately seven days, with 4 × 7 = 28 days in a month and also in a female menstrual period. Many cultures recognized seven planets (Sun, Moon, Mercury, Venus, Mars, Jupiter, and Saturn) in the sense of “wandering bodies,” unlike the “fixed stars,” which retain the same relative position in the night sky

 

terlepas dari kaitan dengan buddishme atau memang angka 7 hanya-lah sebuah angka favoritnya Jin Yong, tetapi di negeri barat, ini merupakan angka yang dianggap keberuntungan. Sedangkan di Tiongkok sendiri, mereka lebih percaya angka 8 (delapan) sebagai lambang keberuntungan. 

Jadi, apakah angka tujuh juga adalah angka favorit Anda?


---------------

catatan kaki

  • Heavenly Sword and Dragon Sabre (HSDS) = Pedang Langit dan Golok Naga, Kisah Membunuh Naga
  • Return of the condor heroes = kembalinya pendekar rajawali, pendekar rajawali dan pasangannya
  • Smiling Proud Wanderer = Pendekar hina kelana, Xiao Ao Jiang Hu
  • Demi Gods and semi devils = pendekar negeri tayli
  • legend of the condor heroes = pendekar pemanah rajawali
  • Wang Chongyang = Ong Tiongyang
  • Hong Qi Gong = Ang Cit Kong
  • Huang Yao Shi = Oey Yok Su
  • Guo Jing = Kwee Ceng
  • Wei Xiaobao = Wi Siau Po
  • Jin Yong = Chin Yung
  • 7 pendekar besar wudang = Butong Cit Hiap 
  • 7 orang aneh jiangnan = Kan Lam Cit Koy
  • 7 murid suci quanzhen = Coancin Cit Su
  • ilmu tinju 7 luka = Citsiang Koen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar