Daftar Adaptasi Drama Wuxia Jin Yong 5 Tahun Terakhir

Zhao Min Drama Wuxia
Zhao Min 2019 versi Yukee Chen


Halo para penggemar cerita silat Wuxia karya karangan Jin Yong (chin yung). Mungkin ada dari kalian yang tertarik juga dengan versi adaptasi serial drama TV ataupun versi film / movie nya. 

Setelah sebelumnya saya memberikan daftar adaptasi Liang Yusheng dan Gu Long yang agak belakangan (atau yang paling baru) dirilis, kali ini saya akan memberikan daftar adaptasi drama Jin Yong yang agak belakangan lima tahun terakhir (2017-2022), manatau mungkin ada yang ingin hunting untuk nonton di rumah.

Serial Drama Wuxia Jin Yong 2017-2022

JudulTahunJenis
1. The Legend of the Condor Heroes2017Serial Drama
2. Ode To Gallantry2017Serial Drama
3. Smiling Proud Wanderer2018Serial Drama
4. Heavenly Sword and Dragon Saber2019Serial Drama
5. The Eagle Shooting Heroes (kid's version)2019Film
6. The Deer and The Cauldron2020Serial Drama
7. Demi Gods and Semi Devils2021Serial Drama
8. The Legend of the Condor Heroes:
The Cadaverous Claw
2021Film
9. The Legend of the Condor
Heroes: The Dragon Tamer
2021Film
yang akan datang (sudah pasti)
New Kung Fu Cult Master 12022Film
New Kung Fu Cult Master 22022Film
Return of the Condor Heroes2022Serial Drama
The Hidden Fox2022Film
Side Story of Fox Volant2022Serial Drama
sedangkan yg tidak jelas ada banyak, seperti:
Trilogi The Romance of the Condor Heroes?Film (tsui hark)
The Deer and The Cauldron?Film
The Fox Volant of the Snowy Mountainbatal?Serial Drama

Update Mei-Juni 2022:
  • Sakra (2023), film spin-off dari Demi Gods and Semi Devils, diumumkan oleh Donnie Yen dan Wong Jing
  • Tencent Video pada bulan Juni 2022, mengumumkan akan remake HSDS dan SPW
Update September 2022:
  • Film New Return of the Condor Heroes, Zhao Huawei sebagai Yang Guo
  • (rumor) Serial drama the Legend of the Condor Heroes. Casting: Liu Haocun, Yang Chaoyue, Zhao Jinmai, Jiang Yiyi, dan Xing Zhaolin
  • (rumor) The Legend of the Condor Heroes 2023, ada 5 direktur yang masing-masing melaksanakan satu chapter, jadi total ada 60 episodes, masing-masing chapter ada 12 episodes. Para direkturnya adalah Yang Lei / Xu Bing / Deng Ke / Wen Deguang / Cao Dun, dengan Huang Xiaoming menjadi Guo Jing.

Beberapa yang saya rasa menarik untuk dibahas adalah:

#1:  The Eagle Shooting Heroes (kid's version)



judul aslinya adalah 小戏骨射雕英雄传 . Ini adalah adaptasi yang menggunakan aktor aktris cilik untuk memerankan film yang berdasarkan cerita Pendekar Pemanah Rajawali.

di komunitas forum berbahasa Tiongkok, saya lihat banyak yang berkomentar negatif karena penggunaan anak-anak untuk pemeran para tokohnya. Mereka menyebutnya eksploitasi anak.

bintang cilik Shi Xiaosong berperan sebagai Guo Jing. Kemudian Huang Rong diperankan oleh Tao Yixi. Yang Kang diperankan oleh Xiao Yang Bohan.


#2:  Legend of the Condor Heroes 2017

Boleh dibilang secara kualitas, ini adalah yang paling bagus dalam daftar tabel diatas. Kualitasnya baik dari segi cerita, lokasi, adegan bertarung, kostum, akting para pemeran, kualitas rekaman, dan kesetiaan mengikuti isi asli novel.

Tidak heran versi ini mendapat nilai 8.0 di situs Douban (semacam imdb versi china). Bisa mendapat rating nilai 8 di douban itu uda sangat tinggi dan jarang.


#3 The Heavenly Sword and Dragon Saber 2019

heavenly sword and dragon saber 2019


HSDS2019 Ini adalah drama wuxia adaptasi karya Jin Yong yang paling populer dalam lima tahun terakhir ini. Entah kenapa cerita HSDS itu selalu bikin heboh dibanding lainnya, padahal sudah diremake berulang kali.

zhao min sad scene


Banyak orang yang menyukai dan memfavoritkan pemeran tokoh Zhao Min yaitu Yukee Chen Yuqi setelah menontonnya, yang dianggap memerankannya dengan sangat baik dan sempurna. Bahkan nama sang artis melewati pemeran tokoh utama itu sendiri , Joseph Zheng yang memerankan Zhang Wuji.


#4 New Kung Fu Cult Master



Siapa sangka, setelah 29 tahun dari versi originalnya tahun 1993 yang diperankan oleh Jet Li dengan judul Kungfu Cult Master, sang sutradara Wong Jing kembali merilis sekuelnya. Tentu saja disini sudah tidak ada lagi Jet Li, banyak yang bertanya kenapa tidak menggunakan Jet Li lagi untuk pemeran tokoh lain misalkan Zhang Sanfeng.

Kelanjutan Kung Fu Cult Master ini menjadi trending topic dunia perfilman wuxia. Film ini terbagi menjadi dua bagian, yang beda perilisannya hanya beberapa hari saja.

Banyak aktor senior disini mulai dari Donnie Yen, Louis Koo, Elvis Tsui, dan Alex Fong.


Kesimpulan:

Adaptasi Film dan Serial Drama Wuxia yang berdasarkan novel Jin Yong pada lima tahun terakhir ini, banyak yang gagal atau kurang bagus dibandingkan dengan versi terdahulunya, sebut saja Smiling Proud Wanderer (pendekar hina kelana), dan The Deer and The Cauldron (duke of mount deer).

Disaat trending drama wuxia klasik atau tradisional sedang menurun, digantikan oleh cerita silat genre Xianxia dan sub-genre Romance, kualitas-nya pun dianggap kurang dibanding pendahulunya.

Untuk judul-judul mainstream seperti Trilogi Pendekar Rajawali (trilogy condor heroes) tetap masih akan diremake (buat ulang) setiap beberapa tahun sekali, tetapi mungkin judul lain akan lebih jarang muncul, beberapa yang awalnya rencana akan dibuat pun nampaknya dibatalkan ataupun kehilangan niat oleh produser karena beresiko tinggi.

Pada tahun 2022 ini kita akan dihadiri oleh berbagai judul mulai dari New Kung Fu Cult Master, Young Flying Fox, dan Return of the Condor Heroes.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url