Review New Kung Fu Cult Master 1

New Kung Fu Cult Master
Trio Sekte Ming di New Kung Fu Cult Master




new kung fu cult master 1
Poster New Kung Fu Cult Master 1


 Sebelumnya saya membuat sinopsis New Kung Fu Cult Master , informasi sinopsis diambil dari situs lain seperti chinesedrama, weibo, dan douban. Ternyata, setelah menonton, benar-benar berbeda dibanding sinopsis yang dibicarakan orang-orang, boleh dibilang sinopsis yang beredar selama ini adalah keliru!!!

Yang pertama, ternyata film New Kung Fu Cult Master 1 ini bukanlah kelanjutan dari Kungfu Cult Master tahun 1993 yang dibintang oleh Jet Li, tetapi benar-benar pengulangan atau buat ulang alias remake, jadi ceritanya dimulai kembali dari nol. 

Jadi biarpun sutradaranya sama, ceritanya di reset ulang dari awal, tidak ada hubungan lagi dengan yang sebelumnya tahun 1993 oleh Jet Li. 

Sinopsis New Kung Fu Cult Master yang beredar selama ini palsu.

film New Kung Fu Cult Master 1 ini dirilis di bioskop cinema Malaysia dan China pas bertepatan dengan hari raya imlek tanggal 1 Februari 2022.

Yang saya review adalah versi mentah, karena tidak ada sub title inggris atau indonesia, sehingga saya yang tidak bisa bahasa mandarin, hanya mengandalkan perkiraan sendiri dan beberapa kata mandarin yang saya tahu. Kemudian Audio cuma ada bahasa mandarin atau cantonese.

Jadi saya bukan nonton film ini di bioskop, tetapi lewat download New Kung Fu Cult Master versi 1080p web-dl.  Karena ini review jadi mengandung spoiler.


Review Ulasan New Kung Fu Cult Master 1

Pertama muncul langsung ada logo TVB Hongkong dan Shaw Brother, biarpun menggunakan logo baru, tetapi terasa nostalgia, karena sudah entah berapa lama saya tidak melihat logo mereka di layar TV.


yin susu & zhang wuji
Yin Susu dan Wuji kecil

Awal-awal cerita New Kung Fu Cult Master 1 sudah langsung ke cerita Zhang Chuisan (Louis Koo) dan Yin Susu sudah bersiap-siap dari pulau Es dan Api ingin pergi menuju ke daratan tengah (china) dan minta permisi ke Xie Xun. Disini mereka tidak menciptakan rakit sendiri, tetapi menyewa sampan yang dekat daerah situ, ini menunjukkan bahwa pulau es dan api bukan sesuatu pulau nan jauh seperti aslinya. 

Wuji disini menggunakan aktor yang sudah agak remaja, mungkin sutradara Wong Jing membuat Wuji di film New Kung Fu Cult Master ini lebih besar usianya dibanding aslinya.

di perahu atau sampan, juga ada penumpang lain, yaitu seorang murid wanita dari partai Emei dan anak perempuannya yang kecil bernama Zhou Zhiruo (ya, disini fungsi peran Yang Buhui dan Zhou Zhiruo disatukan, sudah tidak ada lagi Yang Buhui). Sang ibu terluka berat, disini pertemuan pertama Zhang Wuji dan Zhou Zhiruo. Wuji kecil memberikan aksesoris hiasan ke Zhou Zhiruo.


Miejue Shitai

Setelah sampai ke daratan tengah, mereka berpisah, ternyata Zhou Zhiruo dan ibunya sudah ditunggu oleh para murid-murid Emei beserta sang ketua Miejue Shitai. Sang guru mengambil paksa Zhou Zhiruo dan membunuh ibu-nya karena telah melanggar peraturan Emei (disini saya tidak tahu apakah bernama Ji Xiaofu atau apa).

Loncat cerita langsung di partai Wudang, tidak ada perayaan ulang tahun Zhang Sanfeng segala, langsung berbagai partai mencari Zhang Chuisan dan menuduh dia berkomplot dan beristri wanita dari sekte sesat, tapi mereka akan memaafkan jika memberitahu rahasia lokasi Xie Xun dan golok pembunuh naga.

Pendekar di New Kung Fu Cult Master


Berbeda dengan novel, Miejue Shitai sudah muncul disini dan ikut memaksa Zhang Chuisan. Disini, Zhang Sanfeng (Donnie Yen) berani menentang semua partai-partai yang hadir jika mereka terus memaksa, jadi jika di novel Zhang Sanfeng tidak banyak bicara dan seakan memiliki keraguan dan para muridnya yang berinisiatif melawan, maka disini Zhang Sanfeng yang unjuk gigi dengan mengertak dan membuat takut semuanya.

Ternyata Duo tetua Xuan Ming dari belakang menyerang Yin Susu yang berada didalam ruangan, Yin Susu bertarung dengan Duo Xuan dan terluka terkena tapak bayangan hitam, Zhang Sanfeng datang menolong, sempat bertarung sebentar dengan duo XuanMing, dan terjadi adu tapak vs duo Xuan Ming, dan mereka berdua terpental jauh dan kalah telak, racun es atau yin dari tapak bayangan hitam tidak berefek sama sekali pada Zhang Sanfeng.

Kemudian saat melarikan diri, salah satu tetua Xuanming, masih sempat menyerang tapak bayangan hitam ke Zhang Wuji kecil. Zhang Sanfeng kemudian mengalirkan tenaga dalam ke Wuji yang terluka parah agar menyelamatkan nyawanya.

Selama masa mengalirkan tenaga dalam, Zhang Chuisan memberanikan diri melawan semua partai-partai yang hadir seorang diri, mengatakan bahwa ini adalah masalah dia pribadi, jadi saudara seperguruan lainnya tidak perlu ikut campur. Yeah, Zhang Chuisan seorang diri dikeroyok. Maklum aktor terkenal, jadi harus lebih banyak display-nya.


Zhang Chuisan vs all

Zhang Chuisan New Kung Fu Cult Master

Zhang Chuisan terluka parah terkena serangan bertubi-tubi, kemudian meninggal dunia, Zhang Sanfeng marah dan mengeluarkan tenaga dalam tingkat dewa yang seperti angin ombak dan membuat takut semua partai, mereka kemudian pada kabur dari Wudang.

Selama di Wudang dalam proses penyembuhan, Zhang Wuji kecil pas jalan-jalan ke perpustakaan Wudang, menemukan sebuah kitab sutra. Dan Wuji berpikir ada peraturan Wudang itu bahwa seorang murid Wudang tidak boleh mempelajari kitab ini, tapi dia bukan murid Wudang, sehingga kemudian dia mengambil kitab sutra itu tanpa ijin siapapun (curi nih istilahnya?).

Terus kemudian pas jam makan siang, Wuji disini di bully oleh para murid-murid Wudang, bahkan dianiaya dan dipukul, Wuji yang tidak tahan kemudian menyerang balik semua murid-murid Wudang dengan tenaga dalam super besar dan ilmu tinju 7 luka ajaran ayah angkatnya Xie Xun, jadi di versi adaptasi ini, Wuji kecil pun uda sangat kuat dan bisa ilmu 7 luka (yang dimana aslinya cuma hafal teorinya). Sekali tinju, semua belasan murid Wudang berterbangan.

Merasa bersalah dan takut dihukum, Yin Susu membawa Zhang Wuji kabur dan berusaha balik ke pulau es dan api dengan naik perahu. Disini Yin Susu meninggal dunia karena luka tapak bayangan hitam yang tidak bisa disembuhkan. Jadi disini suami-istri atau ayah-ibu Zhang Wuji mati bukan karena bunuh diri, tetapi karena terluka berat.

Saat tiba di pulau es dan api, Zhang Wuji memberikan kitab sutra itu kepada Xie Xun, dan Xie Xun melihat ada huruf tambahan di antara spasi kosong, ternyata itu adalah rumus dari ilmu 9-Yang (jadi disini merupakan ilmu partai Wudang). Kemudian melalui petunjuk Xie Xun, ZhangWuji pun mempelajari ilmu itu, dan racun yin yang ada pada tubuhnya pun sembuh.

17 tahun pun berlalu, Zhang Wuji kembali ke daratan tengah, disini perkiraan saya berarti Wuji sekitaran umur 30an awal, tetapi saya merasa muka sang aktor terasa ketuaan, kayak 40an.

Saat makan di kedai, bertemu dengan banyak orang dunia persilatan dari berbagai partai, muncul seorang wanita muda yang menganggu para pendekar itu dan kemudian terjadi perkelahian, wanita itu mengaku pelayan dari Yang Xiao dari sekte Ming dan bernama Xiao Zhao. Jadi disini xiao zhao selain muncul duluan lebih awal, juga banyak bertarungnya (biarpun di novel cuma pernah sekali bertarung, dan itupun banyak yang lupa kapan dia bertarung).


Xiaozhao
Xiaozhao


Zhang Wuji menyelamatkan Xiaozhao dan kabur bersama. Xiaozhao disini biarpun pelayan Yang Xiao, tetapi tidak dibelenggu ataupun ditahan, tetapi bebas berkeliaran diluar dan Xiaozhao sendiri pun sangat pro terhadap tuannya. Zhang Wuji memperkenalkan diri sebagi Zeng Aniu seperti nama samaran yang digunakannya pada novel.

Mereka berdua melihat ada pendekar asing muncul, kemudian membuntuti mereka, sampai pada suatu kediaman dan mencuri dengar percakapan antara Zhao Min dan Chengkun. Persembunyian mereka ketahuan dan mereka diserang, perkelahian terjadi, Zhang Wuji vs Chengkun yang berjubah putih, kemudian dilanjuti dengan Zhang Wuji vs duo tetua Xuanming. Xiaozhao sok-sok ikut bertarung membantu Wuji tapi terluka terkena tapak bayangan hitam.


Zhao Min
Zhao Min versi New Kung Fu Cult Master


Terjadi adu tapak duo Xuanming vs Zhang Wuji, tapi Wuji bisa berhasil menetralkan racun es atau Yin dari tapak bayangan hitam dengan mudah yang membuat kejut semua orang mongol disana. Wuji mengambil inisiatif menyerang Zhao Min secara mendadak dan menyanderanya. Kemudian kabur membawa Xiaozhao yang terluka berat karena racun. 


Zhao Min & Xiaozhao

Xiaozhao menyuruh Zhang Wuji membawa dirinya ke puncak terang mencari tuannya, Yang Xiao, mungkin dia bisa membantu menyembuhkannya. Selama perjalanan ke puncak terang, bertemu dengan murid-murid Emei (zhou zhiruo, dkk) , dan karena tujuan arah sama, sehingga mereka melakukan perjalanan bersama. Zhang Wuji memperkenalkan diri dengan nama samaran yang sama, dan Xiaozhao dia kasih nama samaran Zeng A Bao, adik perempuannya (yeah ini tidak ada dalam novel).


Zhou Zhiruo
Zhou Zhiruo


Setelah tiba, Zhou Zhiruo bertemu dan berkumpul dengan sang guru Miejue Shitai, muncul si kelelawar hijau yang menculik Zhou Zhiruo dengan terbang, tetapi digagalkan oleh Zhang Wuji.

Para pendekar yang tidak mengenal Zhang Wuji, berusaha menahannya, disini Zhang Wuji mengeluarkan Lion's Roar ala xie xun (yeah versi adaptasi ini Zhang Wuji bisa auman singa) dan semua pendekar tidak bisa apa-apa terkena auman itu, wuji dengan mudah kabur.

Kemudian langsung ke scene sekte Ming di puncak terang, bedanya versi ini adalah tidak ada yang namanya Empat Penjaga, Lima Pengembala sekte Ming. Terus, si raja elang alis putih Yin Tianzheng yang berdiskusi dengan Yang Xiao dan Wei Yixiao soal persiapan menahan serangan aliansi enam partai lulus.


Zhang Wuji muncul tiba-tiba, membawa Xiaozhao yang terluka berat. Wuji memanggil kakek ke Yin Tianzheng dan mengaku identitasnya, tetapi Yin Tianzheng tidak percaya dan menyerang Wuji. Terjadi pertarungan antara 3 vs 1, Yin Tianzheng, Yang Xiao, dan Wei Yixiao melawan Zhang Wuji tetapi cuma sebentar. Lagi-lagi Zhang Wuji mengeluarkan auman singa dan ketiganya tidak bisa apa-apa selain melihatnya kabur bersama Xiaozhao. Xiaozhao kemudian mengajak Zhang Wuji lari ke ruangan rahasia sekte Ming, karena anggota sekte Ming tidak boleh masuk kesitu, sehingga ketiganya melepaskannya, dan menunggu diluar.


Zhang Wuji lion's roar


Singkat cerita, Zhang Wuji mempelajari ilmu memindahkan langit dan bumi, dan dengan ilmu itu berhasil menyembuhkan Xiaozhao dari racun tapak bayangan hitam. Disini memang ada kejanggalan, karena ilmu 9-Yang tidak bisa menyembuhkan racun yin yang ada ditubuh orang lain, harus di gabung dengan ilmu memindahkan langit dan bumi. Jadi ya beda dengan aslinya.

Chengkun muncul di sekte Ming dan bertarung melawan Yang Xiao dan Wei Yixiao (disini Yin Tianzheng sudah tidak ada), saat pertarungan itu terjadi adu tapak dan deathlock (adu tenaga dalam melalui tapak), kemudian mendadak ada serangan tiba-tiba dari duo tetua Xuanming. Yang Xiao dan Wei Yixiao tidak bisa menahan tenaga dalam gabungan tiga orang itu dan terhempas kebelakang. Ketiga utusan Mongol itupun pergi setelah misi berhasil.

Cerita langsung dipersingkat menjadi aliansi 6 partai lulus berhasil menjebol sampai ke pusat sekte Ming, dan Yin Tianzheng terpaksa harus seorang diri melawan para pendekar. Disini Yin Tianzheng tidak kelihatan begitu perkasa dibanding versi aslinya dan pertarungannya pun singkat.

sekte ming


puncak terang


brightness peak 1


brightness peak 2


new kung fu cult master 1


new kung fu cult master 2


emei sect | new kung fu cult master


murid Emei

Zhang Wuji muncul dan berusaha menjadi penengah sama seperti cerita asli, bertarung melawan biksu Kong Sheng dengan cakar naga shaolinnya. Disini terdapat perbedaan, jika di versi adaptasi lain Zhang Wuji tidak terluka karena cakar naga, disini beberapa kali Zhang Wuji terkena cakar naga dan terluka. Ilmu Cakar Naga Shaolin disini terkesan malahan lebih mirip dengan ilmu kwan-im tangan seribu.

Setelah menang melawan Kong Sheng, Zhang Wuji melawan Miejue Shitai yang bersenjatakan pedang langit, disini Wuji tidak menggunakan pedang pelangi tetapi menggunakan salah satu murid wanita Emei sebagai senjata. Jika cerita aslinya, Wuji menang tetapi agak samar karena Wuji berusaha memberi muka kepada Miejue shitai, disini Wuji menang telak dengan mudah dan Mieju Shitai dipermalukan secara total sampai terpental jauh.

Zhang Wuji di New Kung Fu Cult Master ini cuma ada 2x bertarung, melawan Kong Sheng dari Shaolin dan Miejue Shitai dari partai Emei, jadi yang lawan huashan, dkk sudah tidak ada.

Zhang Wuji diangkat menjadi ketua sekte Ming, kemudian mendengar kabar salah satu murid Wudang terluka berat diserang oleh entah siapa, Zhang Wuji bersama dengan tiga orang sekte Ming (yang xiao, wei yixiao dan yin tianzheng) pergi turun gunung untuk mengecek si murid Wudang (Yin Liting).



Maid Zhao Min pengganti 8 pemanah

Kemudian mereka mencari sang pelaku di sebuah Villa dekat situ, bertemu dengan Zhao Min. Mereka disini terkena racun bukan karena pedang langit palsu dari bahan kayu, tetapi dari semburan gas saat mereka ingin mengoyak lukisan yang menghina sekte Ming. Jadi disini mereka seolah terkesan lebih lemah karena tidak bisa menghindar dari serangan semburan gas beracun.

Zhang Wuji yang nanti balik ke Villa itu dan bertemu Zhao Min, seperti cerita aslinya, keduanya jatuh di lubang perangkap. Zhang Wuji disini tidak melakukan "siksaan" mengelitik kaki Zhao Min, tetapi memutar balikkan dan melempar-lempar tubuh Zhao Min ke udara dengan tenaga dalam. 





Zhao Min mengatakan dia akan memberitahu jalan keluar asal Zhang Wuji berjanji 3 Hal kepadanya, tiga hal itu dia masih belum kepikir, kelak akan dibilang. Jadi scene tiga janji nya muncul disini. Jika tidak salah ingat, versi kung fu cult master 1993 versi Jet Li pun tidak sesuai dengan novel atau cerita aslinya (versi jet li: Zhao Min minta Wuji harus memenuhi tiga janji setelah memberikan obat penyembuh patah tulang).

Tio Beng

zhang wuji & zhao min

romantic scene wuji

tio beng tio buki

zhao min 2



Partai Emei muncul di lokasi trio sekte Ming yang terkena racun, terjadi pertarungan Miejue Shitai vs Xiaozhao, yeah Xiaozhao in action again. Xiaozhao disini bikin taruhan dengan Miejue Shitai untuk menerima 3 pukulan (menggantikan Wuji di cerita asli), Xiaozhao terluka parah dan hampir pingsan jatuh terkapar terkena dua kali pukulan, pada saat genting di pukulan penghabisan ternyata muncul sang penyelamat Zhang Wuji. Terjadi adu tapak tenaga dalam dan kembali Miejue Shitai dipermalukan karena kalah telak hanya dengan satu serangan adu tapak. Partai Emei kabur.



xiaozhao new kung fu cult master

miejue shitai new kung fu cult master


Yang Xiao


Sekte Ming kembali turun gunung dan ke Shaolin, disini bedanya ada banyak mayat murid biksu Shaolin bertumpuk (versi asli: tempat kosong tidak ada biksu). Kemudian masuk ke scene partai Wudang, biksu Kongxiang yang merupakan mata-mata Mongol pura-pura melapor ke Zhang Sanfeng dan menyerang dadakan. Bedanya disini Zhang Sanfeng berhasil menangkis serangan itu dan tidak terluka. Kemudian masuk Song Qingshu, anak dari salah satu 7 murid Wudang, membunuh biksu shaolin palsu itu dengan sebuah tusukan pedang.

Song Qingshu saat berbicara dengan Zhang Sanfeng soal situasi darurat, tiba-tiba menyerang Zhang Sanfeng dengan tembakan senjata jarum beracun dari jarak dekat. Zhang Sanfeng yang tidak antisipasi terkena jarum itu dan terluka. Jadi disini yang melukai Zhang Sanfeng bukan lagi Kongxiang tetapi Song Qingshu.

Pasukan Mongol ternyata sudah mengepung Wudang, dan menembakkan panah dan membunuh sebagian murid-murid Wudang. 

Zhao Min muncul bertemu dengan Zhang Sanfeng, tidak lama kemudian Zhang Wuji pun muncul, jadi tidak ada adegan Zhang Wuji menyamar jadi murid Wudang dan adegan Zhang Sanfeng mengajari teori Taiji ke Yu Daiyuan untuk backup hal terburuk yang mungkin terjadi, yang nanti dicuri dengar oleh Zhang Wuji pun tidak ada lagi.


Zhang Sanfeng
Zhang Sanfeng & ilmu Taiji


Zhang Wuji disini hanya bertarung 2x, yaitu dengan A'er dan A'Da, jadi si A'San tidak ada muncul. Dan Zhang Wuji dalam memperagakan ilmu Taiji lebih dahsyat lagi, jika di versi asli IQ nya 300, maka disini jadi IQ 400, karena pertama adegan curi dengar teori Zhang Sanfeng ke Yu Daiyuan sudah tidak ada, dan kemudian Zhang Sanfeng tidak meminta waktu untuk mengajari Wuji, jadi dia mengajarinya saat Wuji lagi bertarung, jadi langsung gitu.

Selain duo tetua Xuanming, si Aer dan Ada pun kelihatan lemah disini karena pertarungannya kelihatan sangat tidak seimbang berat sebelah. Tiga orang sekte Ming pun tiba ke Wudang, disini mereka tidak ada cerita sedang adu lomba lari. Oh iya, saat pertarungan Zhang Wuji dan Ada, Zhang Wuji disini menggunakan Golok Pembunuh Naga. Jadi jangan tanya saya kenapa saat bentrok antara golok naga dan pedang langit, kenapa tidak patah, anggap saja mengikuti novel edisi tiga, dimana ada bagian "empuk" yang harus di adu.

Setelah menang, tiba-tiba muncul seseorang yang kemungkinan adalah Kutoutuo (red: Fan Yao saat jadi mata-mata di Mongol) menyelamatkan Zhao Min dan melarikan diri dengan terbang ilmu meringankan tubuh dan mengatakan ke Zhang Wuji "Pergi dan Cari saya di ibukota Dadu, akan kutunggu"

Fan Yao


dan Bersambung ke New Kung Fu Cult Master 2

 

Kesimpulan

6 murid Wudang
6 Murid Agung partai Wudang

maaf kalau reviewnya ada yang salah, karena pertama saya menulisnya saat tengah malam dan uda ngantuk, dan yang kedua saya tidak bisa berbahasa mandarin sedangkan yang saya nonton tidak ada subtitle indonesia ataupun inggris, jadi berdasarkan perkiraan sendiri dan cuma tahu beberapa kata mandarin.

selain Zhang Wuji yang ketuaan aktornya, tapi si Zhang Sanfeng yang kebalikan, tampak kemudaan, jika cerita aslinya adalah seorang tokoh 90 tahun, disini seolah seperti Zhang Sanfeng yang masih berusia umur 50 tahun.

Louis Koo muncul lebih sedikit daripada Donnie Yen.

Adengan bertarungnya saya suka, karena seperti Wuxia jaman dahulu , jaman TVB gitu, tidak ada slow-motion seperti wuxia jaman sekarang atau efek berlebihan. Jadi aksi bertarungnya ya cepat gitu dan terkesan profesional koreografinya.

Perubahan ceritanya sih saya suka juga, jika ada yang merasa anti perubahan cerita, disarankan jangan menonton, karena perubahan apapun pasti langsung akan dipandang negatif, jadi ga bakal suka nonton versi ini. Apalagi versi film baru New Kung Fu Cult Master ini benaran berubah total ceritanya, sangat banyak yang diubah.

Zhang Sanfeng disini mendapat peran lebih, ya dimaklumi karena aktor terkenal sih. Jika di cerita asli adalah tokoh legendaris yang disegani dan kuat, maka disini diupgrade jadi tokoh setengah Dewa kekuatannya. Zhang Wuji pun terasa lebih kuat dari seharusnya.

Terakhir, hasil film New Kung Fu Cult Master 1 lebih baik dari ekspetasi saya, tidak akan merasa bosan dengan alur cerita HSDS yang sama itu-itu saja karena ada perubahan drastis dari segi cerita, berbagai scene atau adegan yang dibuang untuk mempersingkat karena ini adalah versi film, sangat efektif dan tidak menganggu alur utama, tindakan yang cerdik menurutku.

Lagu endingnya cukup bagus, ada dua, yang satu lagu duet, satu lagi penyanyi perempuan.

untuk bagian keduanya saya belum tahu akan review atau tidak, mungkin jika adapun hanya akan update di halaman ini secara singkat.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url