Chu Yuan, Sutradara Adaptasi Gu Long Terbanyak

Chu Yuan aka Chor Yuen
Chu Yuan alias Chor Yun

Jika Direktur atau sutradara yang menggarap dan memproduseri paling banyak adaptasi serial drama dan film berdasarkan novel cerita silat Jin Yong (chin yung) adalah Zhang Jizhong, lalu bagaimana dengan novel Gu Long (khu lung)? jawabannya adalah Chu Yuan.

Chu Yuan (cantonese: Chor Yuen , mandarin: 楚原) adalah seorang aktor, direktur film, penulis naskah cerita, dan sutradara Hong Kong yang memproduksi paling banyak adaptasi film berdasarkan karya cerita silat Gu Long.

Sebanyak berapa adaptasi film dan serial drama Gu Long yang Chu Yuan ikut terlibat?

Jumlahnya mencapai 21 buah adaptasi! . Mayoritas adalah dari perusahaan studio film Shaw Brothers. 

Chu Yuan merupakan sutradara terkenal dengan pencapaian lebih dari 120 film sebagai direktur, lebih dari 70 film sebagai penulis naskah cerita, dan lebih dari 40 film sebagai aktor.

Chu Yuan lahir tahun 1934 di Guangzhou dan meninggal barusan tahun lalu 2022 pada umur 87 tahun. Ayahnya adalah aktor terkenal masa lampu bernama Cheung Wood-yau. Karena genetik keluarga hiburan film, Chu Yuan mewarisi ayahnya dan terjun ke dunia film.

Chu Yuan memulai karirnya pada tahun 1954 sebagai aktor. Beberapa tahun kemudian, dia mulai menulis naskah cerita film pertamanya. Pertama kali sebagai direktur atau sutradara film adalah tahun 1959.

Istrinya sendiri adalah aktris terkenal saat era itu bernama Nam Hung (pernah berperan sebagai Xiao Long Nu / bibi lung pada salah satu adaptasi the Return of the Condor Heroes).

Kepopulerannya meningkat drastis setelah memproduksi berbagai film dari adaptasi karya Gu Long untuk perusahaan Shaw Brothers. Karena kesuksesan tersebut, Chu Yuan menjadi seperti kecanduan untuk memproduksi film lain yang berdasarkan novel cersil Gu Long. Para aktor yang digunakan pun sering yang sama langganan film Shaw Brothers, sebut saja Ti Lung, Derek Yee, dan Alexander Fu Sheng. 

Chu Yuan berada di Shaw Brothers sekitar 14 tahun. Runtuhnya dinasti film Shaw Brothers sebagai perusahaan papan atas di wilayah bekas jajahan Inggris itu, membuatnya perlahan ikut menghilang dari sorotan. Mungkin jika Shaw Brothers masih tetap berjaya, maka akan lebih banyak film adaptasi Gu Long yang diproduksi oleh Chu Yuan.


Daftar Adaptasi Gu Long

Tahun Judul Film Dari Novel
1976 Killer Clans Meteor, Butterfly, Sword
1976 Magic Blade Horizon, Bright Moon, Sabre
1977 Clans of Intrigue Chu Liuxiang novel kesatu
1977 Jade Tiger The White Jade Tiger
1977 Death Duel The Sword of the Third Master
1977 Sentimental Swordsman Flying Dagger novel kesatu
1977 Pursuit of Vengeance Flying Dagger novel kedua
1978 Clan of Amazons Lu Xiaofeng novel kedua
1978 Legend of The Bat Chu Liuxiang novel keempat
1978 Swordsman And Enchantress The Eleventh Son
1979 Full Moon Scimitar Full Moon and Curved Sabre
1979 Murder Plot Unofficial History of the Wulin
1979 Proud Twins Legendary Siblings
1980 Heroes Shed No Tears Heroes Shed No Tears
1981 Return of The Sentimental Swordsman Flying Dagger novel kesatu
1981 Duel of The Century Lu Xiaofeng novel ketiga
1982 Perils of The Sentimental Swordsman Lu Xiaofeng novel kelima*
1982 Spirit of The Sword Cleansing Flowers, Refining the Sword
* = Chu Yuang menggabungkan cerita Chu Liuxiang dan Lu Xiaofeng, dengan tokoh utama Chu Liuxiang tetapi mayoritas cerita diambil dari novel kelima Lu Xiaofeng berjudul Phantom Manor.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url