Berbagai Drama Wuxia Xianxia 2024

Wuxia Indonesia - Memasuki tahun 2024, para pecinta drama asia khususnya serial drama China bergenre Wuxia dan Xianxia, tentunya akan disuguhi berbagai drama menarik. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa saya berikan. 

Semua yang didaftar adalah yang sudah hampir pasti rilis tahun 2024, yang tidak jelas kepastiannya tidak akan masuk dalam daftar. Film Wuxia juga tidak termasuk.

Rekomendasi Drama China Wuxia 2024

Urutan acak tidak berdasarkan peringkat, karena serial drama Wuxia China berikut belum rilis, sehingga kita tidak akan tahu seberapa bagus kualitasnya sampai hari penayangan. 


#1. Chinese Paladin 4 (Sword & Fairy 4)

Tokoh chinese paladin 4

Chinese Paladin 4 poster


Judul Wuxia Drama yang pertama ada Chinese Paladin 4, dibintangi oleh Chen Zheyuan (tokoh utama drama 'Handsome Siblings 2019') dan Ju Jingyi. Rumornya akan dirlis pada bulan januari, tetapi saat ini ditulis katanya ditunda karena ada masalah financial. Sebenarya Chinese Paladin 6 juga akan dirilis pada bulan Januari (yang satu di jaringan iQiyi, satu lagi Tencent), tetapi saya hanya menyebut CP4, karena CP6 terkesan terlalu fokus pada cerita cinta/romance.

Aktor Chinese Paladin 6 menggunakan pasangan bintang kelas A yaitu Xu Kai dan Esther Yu, sehingga mungkin akan overshadow (menutupi) nama Chinese Paladin 4. Tetapi secara cerita menurut saya lebih menarik CP4.

Update: Sudah rilis. Saat mendekati hari penayangan, iQiyi mengganti judul resmi menjadi 'Sword and Fairy 4'.


Simak Review dan Sinopsis Chinese Paladin 4 di sini


Apakah Chinese Paladin Semua Berhubungan?

Mereka masih satu universe, tetapi semuanya berjalan sendiri ceritanya, jadi tidak perlu mengikuti CP yang lain. Chinese Paladin 1,3,5 itu ada satu tokoh yang sama muncul diketiganya. Chinese Paladin banyak menggambarkan perselisihan ras manusia dan ras iblis. Chinese Paladin bergenre Xianxia.

Kenapa Angkanya Lompat-lompat?

Menggunakan angka karena diadaptasi dari game, jadi bukan benar-benar urutan sekuel. Semua ceritanya berjalan sendiri, biarpun masih satu universe.

Jadi yang sudah pernah dirilis adalah Chinese Paladin 1,3, dan 5, (ada juga beberapa spin-off, tapi asal buat, jadi ga perlu sebut). Secara timeline tidak berurut, seperti contoh CP3 itu sebelum CP1 ceritanya.

Yang mau dirilis selanjutnya Chinese Paladin 4 dan 6 (keduanya perkiraan bulan januari ini). Yang sedang diproduksi Chinese Paladin Legend ( CP1 yang di remake), kemudian rumor yang judulnya sudah didaftarin ke badan penyiaran juga ada CP 2 dan Cp 5 Prequel. Yang sama sekali belum ada rencana adalah CP 7 dan CP 3 Plus.

#2. Joy Life 2

Joy of Life season 2


Kelanjutan dari musim pertamanya yang tahun 2019. Entah kenapa harus menunggu sampai 4 tahun, padahal musim pertamanya sangat sukses. Ini merupakan satu-satunya judul yang saya tidak pernah mendengar orang bilang ceritanya biasa-biasa saja.

Semua aktor dan aktrisnya tetap sama, kecuali Xiao Zhan yang diganti karena dia sudah menjadi aktor kelas A sekarang dan ga bakal mau terima gaji rendah. Drama ini bergenre gabungan Politik kerajaan, Wuxia, Fantasy, Time Travel, dan lainnya. Tetapi intrik politik menjadi topik utama.

Musim kedua akan melanjuti cerita Fan Xian (diperankan oleh Zhang Ruo Yun) yang kembali ke negaranya setelah berpetualang di negeri seberang. Di sini, dia akan mengalami masa yang lebih sulit, karena beberapa orang para pendukung yang back-up di belakangnya semakin berkurang dan saingan/musuhnya menjadi lebih banyak. Dia juga akan menjadi semakin banyak mengungkap rahasia dan cerita masa lalu ibunya. Si "umpan" pun akan berubah menjadi ikan (pemain).

update Februari 2024: Joy of Life 2 menjadi drama China pertama dalam sejarah yang menembus angka reservasi 10 juta.

#3. Jin Yong Wuxia Universe

Jin Yong Wuxia Universe


Tahun 2024 adalah merupakan acara peringatan ulang tahun ke-100 alharhum Jin Yong, sehingga tidak heran akan ada beberapa adaptasinya yang dirilis, salah satunya adalah Jin Yong Wuxia Universe, yang bagian pertamanya menggunakan cerita The Legend of the Condor Heroes.

Jin Yong Wuxia Universe memiliki total 60 episodes dan dibagi menjadi 5 bagian cerita (satu cerita utama tentang Guo Jing dan Huang Rong, empat cerita spin-off). Lima bagian cerita itu digarap oleh lima sutradara berbeda. 

Mungkin yang menarik adalah bagaimana para sutradara dan produser tersebut melakukan improvisasi pada cerita spin-offnya, karena cerita utama sudah berulang-ulang kita mendengar / membaca / menontonnya.

#4. The Immortal Ascension

The Immortal Ascension


The Immortal Ascension diadaptasi dari novel yang sangat terkenal berjudul "A Record of a Mortal's Journey to Immortality" oleh pengarang Wang Yu. Novel ini telah diterjemahkan ke bahasa inggris, jadi jika ingin membacanya sebelum perilisan adaptasi serial drama masih sempat.

Adaptasi versi Donghua dan Manhuanya pun banyak disukai. Donghuanya masih sampai season 4, sedangkan Manhuanya telah tamat dan berlanjut ke sekuel.

A Record of a Mortal's Journey to Immortality versi drama yang menggunakan judul The Immortal Ascension ini dibintangi oleh aktor terkenal Yang Yang sebagai tokoh utama bernama Han Li. Pada cerita aslinya tidak begitu banyak cerita cinta, jadi lebih ke tokoh utamanya banyak disukai oleh para wanita, jadi tidak tahu apakah produser akan tetap setia pada bagian ini.

Jika penggemar cerita from zero to hero pasti akan menyukainya, karena sang tokoh utama awalnya adalah anak kampung yang biasa-biasa saja, kemudian berkembang menjadi kuat karena faktor keberuntungan, bakat, kerja keras, dan lainnya. 

Judulnya jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi 'Rekam jejak perjalan manusia menuju keabadian', jadi sudah bisa kira-kira seperti apa inti cerita. Direktur proyek drama The Immortal Ascension ini adalah wanita bernama Yang Yang juga, beberapa mahakaryanya adalah 'Ever Night' dan 'A Dream of Splendor'.

#5. Dashing Youth

Dashing Youth

Merupakan satu universe dengan The Blood of Youth, mengisahkan kejadian sekitar 20 tahun lalu sebelum cerita The Blood of Youth. 

Setelah kesuksesan The Blood of Youth biarpun tidak ada menggunakan aktor kelas A. Youku kemudian mengumumkan produksi drama yang masih satu terkait dengan dunia The Blood of Youth, bukan hanya satu, tetapi sekaligus 3 judul!, dengan yang paling dekat perilisannya adalah 'Dashing Youth'.

Tokoh utamanya adalah pendekar arak Baili Dongjun, yang kita tahu pada masa The Blood of Youth adalah merupakan tokoh terkuat dalam cerita (aslinya tokoh terkuat kedua, tetapi yang pertama hidup menyendiri jauh dari duniawi).

Baili Dongjun adalah cucu laki-laki dari marquis Zhenxi yang tinggal di kota Gandong. Ayahnya adalah seorang ahli bela diri yang kuat, tetapi Baili Dongjun sendiri tidak bagus dalam bidang ini, tidak mewarisi bakat ayahnya, bahkan juga tidak tertarik untuk serius belajar ilmu silat, juga tidak suka mempelajari seni dan baca buku pengetahuan, malahan lebih sering menghabiskan waktu untuk minum arak yang merupakan hobinya, bahkan dia sudah mulai minum sejak umur 7 tahun dan mulai mempelajari teknik membuat arak, serta mencari ahli arak untuk menjadi gurunya yang dia cari di seluruh pelosok negeri.

Sinopsis Lengkap Dashing Youth baca di sini .

#6. Guardians of the Dafeng



Sinopsis drama Guardians of the Dafeng adalah sebagai berikut, Xu Qi An, lulusan akademi tentara, entah gimana memasuki dunia aneh di mana terdapat penganut Konghucu, Taoisme, Buddha, setan, dan penyihir hidup berdampingan.

Dia baru saja terbangun dan menemukan dirinya di penjara dan akan diasingkan ke kota perbatasan dalam waktu tiga hari, jadi dia diberi kesempatan oleh sebuah organisasi "Penjaga" (Guardian) untuk mengubah nasibnya dan dengan demikian dia menjadi "Penjaga".

Pemeran: Dylan Wang, Tian Xiwei, Liu Yijun, Yan Zidong, Yue Yang, Edward Zhang, Mao Xiaohui, Fan Shuai Qi, Liu Mei Han, Zhang Miao Yi.

#7. Shui Long Yin


salah satu lokasi syuting


Serial drama wuxia berjudul "Shui Long Yin" (belum ada judul inggris resmi) memulai proses produksi dan syuting tanggal 20 November 2023. Ini merupakan serial drama yang menjanjikan, karena diadaptasi dari novel karangan Teng Ping (yang juga merupakan pengarang Mysterious Lotus Casebook).

Sinopsis Shui Long Yin berkisah tentang:

Ye Mo, pemimpin Sekte Langit yang telah menimbulkan banyak masalah selama bertahun-tahun, dibunuh oleh sebuah kelompok pahlawan. Sepuluh tahun kemudian, sisa-sisa bayangan kekuatan jahat belum hilang, dan dunia yang seperti tampak damai sebenarnya hanya terpendam sementara. Tang Lici awalnya melarikan diri dari kehidupan dunianya, tetapi terlibat dalam perselisihan keluarga dan terlibat dalam perselisihan antara berbagai pihak di dunia persilatan. Orang di balik plot tersebut tidak lain adalah mantan kakak laki-lakinya Liu Yan. Tang Lici mengungkapkan dalam satu kali kejadian bahwa Istana Suosheng yang didirikan oleh Liu Yan menggunakan racun khusus untuk mengendalikan dunia seni bela diri melalui konspirasi, dan dia berecana bergabung dengan para ahli seni bela diri aliran benar untuk membasmi Istana Suosheng.

Pemeran: Luo Yunxi, Jelly Lin Yun, Bao SHang En, Xiao Shun Yao, Sun Zhen Ni, Sebrina Chen Yao

Jaringan: Mango TV


#8. Burning Flames





Sebelumnya drama Burning Flames lebih dikenal dengan judul Wu Geng Ji. Para pemerannya adalah Ren Jianlun sebagai tokoh utama bernama Wu Geng, pasangannya adalah Xing Fei sebagai tokoh Bai Cai. Tokoh utama lain ada Bambi Zhu Xudan (Zhou Zhiruo HSDS2019), Yan Yikuan, Zhu Zhengting, Han Dong, dan Merxat yang merupakan aktor beretnis uyghur.

Total ada 40 episodes dan hak tayang diambil oleh pihak jaringan iQiyi. 

Sinopsis Burning Flames adalah sebagai berikut:

Pada zaman dahulu kala, ada sebuah klan yang sangat kuat yaitu klan Yun. Klan Yun mampu mengendalikan kekuatan antara langit dan bumi. Sementara ras lain tunduk pada kekuatan ini,  tetapi suatu waktu ras manusia melalui raja Xin memilih jalan yang berbeda dan menantang kekuatan klan Yun. Namun sayangnya kalah bertarung dan tewasa dalam pertempuran tersebut dari tangan raja klan Yun, Ditian. Dengan mengorbankan nyawanya, sang tuan putri melindungi Pangeran Wu Geng dari kejaran klan Yun.

Pangeran Wu Geng, yang dipenuhi dengan kesedihan dan kebencian, diturunkan menjadi budak tingkat rendah di sebuah tambang di wilayah Pingyang. Namun, dia bertekad untuk memulihkan ras dan negaranya, menentang klan Yun, dan membalaskan dendam keluarganya.

#9. Hero Legends

Cheng Yi berperan sebagai Lu Yun



Belum banyak informasi soal judul yang satu ini, tetapi rumornya memiliki aura seperti drama Mysterious Lotus Casebook dan The Blood of Youth. Diadaptasi dari novel "Ying Xiong Zhi" karya Sun Xiao, tentang perjalanan dan petualangan sekelompok pendekar menemui berbagai rintangan dan bahaya, dalam memenuhi mimpi, takdir, dan ambisi mereka.

Tokoh utamanya adalah bernama Lu Yun, yang diperankan oleh aktor yang lagi naik daun Cheng Yi (yang pernah berperan sebagai tokoh utama Mysterious Lotus Casebook). Kemudian juga ada aktris Li Yitong yang terkenal perannya sebagai Huang Rong di Legend of the Condor Heroes 2017. Tokoh utama lain ada Xiao Shun Yao, yang di Mysterious Lotus Casebook berperan sebagai Di Feisheng, jadi mereka akan berduet kembali di sini.

#10. The Assassin (隐娘)



Belakangan ini sangat banyak bermunculan drama tentang cerita Assassin (pembunuh). Dan kebanyakan diadaptasi dari novel. Jadi novel web belakangan ini memang lagi populer genre cerita bertopik 'Assassin' (pembunuh, pembunuh bayaran, dan sejenisnya). Jadi mungkin tahun 2024-2025, akan ada banyak drama adaptasi novel yang punya gaya style seperti drama 'My Journey To You'.

Sebenarnya saya sendiri belum yakin apakah judul drama ini akan rilis tahun 2024. Berkisah tentang perempuan bernama Ning Jin Hai, seorang pembunuh dari tempat Bai Yu Jing, tempat di mana para wanita tunawisma dikumpulkan dan berlatih keras untuk menjadi wanita pembunuh. Para pembunuh ini kemudian dikirim dengan nama inisial “Yin Niang.” Drama ini bercerita tentang kelompok “Yin Niang”.

Drama ini agak pendek, cuma ada 24 episodes. Rencananya akan tayang di saluran Youku.


--

Sebenarnya masih banyak judul drama, tetapi mayoritas ga jelas kepastiannya seperti:
- The New Version of the Condor Heroes, The One, Tian Shu Li Ming, Liu Yao, Immortality, The Land of Warriors, Winner is King, The Story of the Bat, An Eternal Thought, Nirvana in Fire season 3, Paladin Legend, Painting Jianghu, The New Dragon Gate Inn, Angels and Guards, The Fated General, Wan Gu Zui Qiang Zong, Xian Yu ( Offering Salted Fish to Master), Blades of the Guardians, Blocking the Sky, Jiang Hu Ye Yu Shi Nian Deng, Shi Jin, dll
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url