Flashback Cerita Drama Joy of Life Musim Pertama


Xiao Zhan sebagai Yan Bingyun dan Zhang Ruoyun sebagai Fan Xian 


 cerita-silat.net - Saya barusan menonton ulang serial drama Joy of Life sebagai persiapan refresh memori cerita, untuk persiapan nanti Joy of Life musim kedua yang akan segera tayang dalam waktu dekat, dulu saya tidak mengulasnya sama sekali di blog Wuxia Indonesia karena dulu fokus blog ini hanya diperuntukkan ke segala yang berhubungan dengan genre Wuxia murni dan klasik, tetapi berhubung menurunnya trending genre Wuxia, sehingga sekarang lebih melebar pembahasannya.

Joy of Life adalah drama China yang menggabungkan berbagai genre dan unsur mulai dari politik, wuxia, sci-fi, time travel, romance, pemecahan kasus, modern, kostum, dan lainnya menjadi satu. Tetapi secara umum kisah cerita Politik kerajaan menjadi inti yang mencakup sekitar 90% dari isi cerita.

Joy of Life adalah drama yang saya tidak ada orang bilang biasa saja kualitasnya, biarpun cerita romancenya sangat sedikit.

Joy of Life, yang bahasa Indonesianya berjudul Arti Kehidupan, mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Fan Xian memiliki ingatan masa modern tetapi seperti terlahir kembali dan sekarang berada di tubuh bayi dan hidup di era masa kuno.

Fan Xian tumbuh besar di kota kecil bernama Danzhou, dia hanya tinggal bersama neneknya. Suatu hari saat berumur 18 tahun, dia mendapat panggilan dari ayahnya untuk berangkat ke ibukota. 

Agenda ayahnya adalah agar dia menjadi pewaris Neiku (suatu perusahaan sumber keuangan utama negara), perusahaan ini didirikan oleh ibunya dulu tetapi setelah sepeninggalan ibunya, dipegang oleh tuan putri agung Li Yunrui (adik kaisar, biarpun tidak kandung).

Siapa sangka, saat tiba di ibukota, hari pertama saja sudah menimbulkan dan muncul berbagai masalah yang terkait dengan dirinya. Fan Xian seperti umpan ikan yang dilemparkan dan semua perebut kekuasaan pun mulai bermunculan dipermukaan.

Fan Xian terlibat dalam persaingan dan pergumulan politik dari berbagai kubu mulai dari putra mahkota, pangeran kedua, perdana menteri, tuan putri agung, dan kepala pusat investigasi, serta kelicikan dari kaisar. Juga ada ibu suri, dan 6 menteri utama.

Di bawah adalah berbagai poin-poin buat kalian yang sudah menonton serial drama Joy of Life beberapa tahun lalu tapi sudah agak lupa ceritanya, sehingga poin-poin ini bisa membantu mengingat kembali sebelum menonton drama musim keduanya. Tetapi bagi yang belum menonton, jangan melihatnya karena mengandung spoiler!.


Salah satu adegan pada Joy of Life season 2 


Beberapa trivia ntuk refresh memori sebelum perilisan Joy of Life 2 (musim kedua)

  1. Negara yang menjadi topik utama adalah Qing Selatan (Nan Qing), tetapi juga ada muncul negara Qi Utara (Bei Qi) dan desa Yin Timur (Dong Yin) disebut dalam cerita.
  2. Fan Xian sepanjang cerita mendapat 2 jabatan, jendral direktur divisi investigasi yang berarti setara dengan 8 direktur divisi investigasi, dan juga jabatan kepala musisi istana
  3. Kementerian negeri Nan Qing terbagi menjadi enam kementerian pusat yaitu Revenue, Personnel, Penalty, War, the Board of Rites, dan satu lagi tidak tahu apa karena ga disebut (mungkin Censorate)
  4. Ibunya kabur dari kuil misterius saat masih kecil, membawa beberapa perubahan bagi dunia luar, mendirikan divisi investigasi dan Nei Ku (perusahaan bisnis utama negara) di negeri Nan Qing. Memiliki prinsip atas kesamarataan setiap orang tanpa memandang latar belakang
  5. Wuzhu seingkat 4 Great Master, pernah bertarung imbang dengan salah satunya, tapi karena ga pernah muncul, jadi ga pernah dikenal sebagai great master kelima.
  6. Ibu Fan Xian merupakan salah satu orang era dulu yang lolos dari zaman es, setelah lepas dari tahap pembekuan. Selain ibunya masih ada beberapa orang lain, sehingga tidak heran beberapa budaya dan bahasa masih sama dengan era dulu, karena hasil penyebaran orang era dulu seperti ibu Fan Xian
  7. Tingkatan bela diri tertinggi adalah Great Master, di bawah itu ada tingkat Dan 9 . Wuzhu yang setingkat Great Master beberapa kali mengajak bertarung seseorang di temple dan selalu kalah, yang berarti ada orang di temple yang lebih kuat dari tingkat Great Master. 
  8. Fan Xian yang memiliki memori modern masa lalu, pernah punya ingatan dia hampir mati di meja operasi, setelah itu saat bangun sudah ada di tubuh bayi kecil. Kemungkinan karena transfer memori digital, karena ibunya pun sudah tahu dia akan memiliki seorang putra jauh sebelumnya.
  9. Tuan Putri Agung diusir dari istana, Direktur tim ke-1 Zhu Ge mati bunuh diri, menteri Guo Youzhi dicabut jabatannya dan dipenjara.
  10. Fan Jian ingin Fan Xian memegang kendali Nei Ku, tetapi Chen Pingping ingin dia memegang divisi investigasi, Perdana Menteri Lin Ruofu ingin dia menjadi menteri Personalia, sedangkan Kaisar masih belum diketahui apa motifnya
  11. Selain ada pasukan ksatria kuda hitam yang ditakuti, juga ada pasukan ksatria merah, kaisar menitipnya kepada Fan Jian
  12. Berbagai petunjuk bahwa Fan Xian adalah anak dari kaisar dan Ye Qingmei, pernikahan mereka hanya beberapa orang yang tahu. Ye Qingmei berada di NanQing selama 10 tahun dan menjadi orang terkaya dunia.
  13. Semua Grand Master pernah bertemu Ye Qingmei. Ku He menjadi grandmaster setelah mempelajar kitab ilmu silat selama 2-3 tahun. Xiao En kurang cocok mempelajari kitab yang sama.
  14. Li Yunrui bukan bersekutu dengan putra mahkota tetapi dengan Pangeran ke-2 Li Chengze untuk korupsi aliran dana Nei Ku cabang Bei Qi, dan dengan dana itu dapat menghimpun pasukan. Broker antar lintas negara ditenggarai oleh keluarga Ming di Jiangnan (kemungkinan akan jadi salah satu jalan cerita di season 2).
  15. Xiao En meninggal, sehingga satu-satunya orang yang tersisa mengetahui letak Kuil Dewa adalah Ku He. Shen Zhong dan Zhuang MoHan juga meninggal, sehingga Bei Qi kritis orang berbakat. 
  16. Bei Qi terbagi menjadi 3 kubu, ibu suri, kaisar muda, dan jendral Shangshanhu
  17. Si Lili bernama asli Li lisi, aslinya keturunan keluarga kerajaan Nanqing, tetapi karena keluarganya berada di pihak kalah saat perebutan takhta, sehingga dibasmi dan dia melarikan diri bersama adiknya ke Bei Qi. Saat ending, dia telah masuk ke istana dan mungkin menjadi selir kaisar Bei Qi
  18. Guo Baokun (Fan Xian menjanjikan kebebasan ayahnya) dan He Daoren menjadi mata-mata pengganti baru untuk negeri Nanqing.
  19. Fan Xian dan negeri Bei Qi bekerjasama untuk mengelola arus keuangan Nei Ku cabang Bei Qi. Shen Wan'er pindah ke negeri NanQing atas permintaan Shen Zhong.
  20. Fan Xian ingin Yan Bingyun menjadi kepala tim 1 divisi investigasi (yang lagi kosong), tetapi pada ending Yan Bingyun menusuk Fan Xian, mengatakan dia memihak pangeran ke-2 demi menghindari pertumpahan darah perang saudara dan pergolakan dalam negeri (menutup mata kasus korupsi). 

Berbagai Hal yang Masih Menjadi Rahasia:

  1. Siapakah direktur tim ke-6 si bayangan dari divisi investigasi yang selalu menggunakan topeng?
  2. Pada perrtemuan terakhir dengan Li Wan'er sebelum diusir dari istana, putri agung Liu Yunrui mengatakan bahwa dia ada memiliki rencana lebih besar lain selain daripada peristiwa pengkhianatannya dengan kerjasama dengan Bei Qi . Rencana besar apa itu?
  3. Dari percakapan dengan Li Wan'er bertanya kepada ibunya, diketahui bahwa sang ibu telah memilih seorang lelaki, sang putri agung rela mengorbankan segalanya untuk pria itu, tetapi pria itu bukan perdana menteri. Siapakah pria itu?
  4. Rahasia isi kuil dewa yang masih misterius, yang merupakan asal usul ibunya. Ibunya mengatakan di bawah kuil terdapat sesuatu yang berbahaya dipenjarakan, jika lepas akan membuat dunia kiamat.
  5. Ibu Fan Xian mengatakan bahwa Qi itu tidak ada, hanya peninggalan era dulu, padahal jelas-jelas Qi itu ada di dunia sekarang. Apa maksudnya?
  6. Siapakah identitas Great Master ke-4 yang bersembunyi di istana
  7. Siapa pembunuh ibu Fan Xian dan atas motif apa
  8. Fan Jian (ayah asuh Fan Xian), bersama dengan kaisar, Chen Pingping dan ibu Fan Xian adalah teman dekat lama sebelumnya. Tapi kenapa Fan jian hanya mendapat jabatan sebagai asisten atau wakil menteri keuangan? (biarpun pada akhirnya menjadi menteri)
  9. Lady Ning, ibu pangeran ke-1, awalnya adalah imperial consort, tetapi karena sesuatu hal, diturunkan pangkatnya jadi Lady-in-waiting. Tidak dijelaskan kesalahan apa.
  10. Kenapa Wu Zhu hilang ingatan?
  11. Apa yang ada dibawah kolam wisma Taiping? (ibunya mengatakan semua jawaban ada di sana)
  12. Lang Tao mengatakan bahwa menurut penuturan gurunya Ku He, dari semua petarung tingkat Dan 9 di seluruh dunia, dia peringkat 3, dan Top 2 nya tidak ada di Bei Qi. Siapakah 2 orang itu?
  13. Ye Qingmei saat keluar dari kuil mengatakan dia sedang ingin menolong temannya yang sedang diburu oleh orang kuil. Siapakah teman yang dimaksud? (mengingat Wu Zhu adalah pembantunya)


Tokoh-tokoh yang tidak muncul di season pertama tapi ada disebut

  1. Ibu Fan Ruoruo. Dijelaskan pada awal-awal episode bahwa Fan Xian, Fan Ruoruo, Fan Sizhe ketiganya memiliki ibu berbeda, sehingga ketiganya saudara-saudari tiri. Ibu Fan Ruoruo yang merupakan istri pertama, harusnya sudah meninggal, tetapi tidak dijelaskan sama sekali bagaimana cara meninggalnya. Fan Xian dianggap anak hasil diluar pernikahan sehingga disebut anak haram. Liu Ruyu (ibu Fan Sizhe) adalah istri kedua, juga sepupu dari salah satu selir kaisar.
  2. Ibu dari Lin Dabao dan Lin Gong, alias istri dari perdana menteri.  Tidak jelas keberadaannya apakah masih hidup atau tidak.
  3. Pangeran ke-3. Putra Kaisar urutan ke-4 dan yang paling bungsu, disebut ketiga karena putra mahkota tidak disebut pangeran. Anak dari selir Yi yang tidak campur politik karena masih kecil.
  4. Permaisuri (huang hou). Namanya 2x disebut, yang pertama dicurigai sebagai orang yang bisa memerintah salah satu grand master rahasia yang berdiam di istana, kedua kali disebut sedang sakit saat Fan Xian mengunjungi harem kerajaan.
  5. Pangeran ke-1. Pangeran paling sulung ini tidak bisa ikut dalam perebutan takhta karena ibunya adalah orang dari negeri Dong Yin, sehingga darah campuran. Sehingga dia menjaga perbatasan menjadi jendral pasukan.
  6. Direktur ke-2 dari divisi investigasi, tidak di ibukota, bekerja di garis depan
  7. Direktur ke-5 dari divisi investigasi, tidak di ibukota, disebut sebagai ksatria hitam
  8. Direktur ke-7 dari divisi investigasi, tidak di ibukota, bekerja di wilayah Jiangnan
  9. Ibu dari putra mahkota. Tidak disebut sama sekali, jadi kemungkinan orangnya sama dengan yang nomor 4 alias permaisuri (huang hou).
  10. Ye Zhong, ayah Ye Ling'er, kepala penjaga ibukota
  11. Ku He, salah satu dari 4 grandmaster, paman dari kaisar Bei Qi tapi tidak tertarik takhta
  12. Si Gujian, salah satu dari 4 grandmaster, dari negeri Dong Yin
  13. Ye Liuyun, salah satu dari 4 grandmaster, si pengembara bebas

Perbedaan Drama dan Novel

Terdapat beberapa perbedaan kecil antara adaptasi serial drama dan novel, berikut beberapa di antaranya:
  • Di novel, Fan Xian pada akhirnya memiliki 2 istri, alias harem, istri yang satu lagi bernama Sisi, dia adalah pelayan Fan Xian sejak dia masih kecil saat masih di Danzhou, sehingga umurnya lebih tua. Di novel dia membantu Fan Xian menulis novel dan menjaga anak, karena banyak membantu pekerjaan karena Li Wan'er kurang mampu, sehingga dikasih lampu hijau oleh Li Wan'er sebagai selir. Pada drama karakter ini dihilangkan, sehingga Fan Xian hanya mencintai Sisi.
  • Pangeran Jing (adik kandung kaisar) mirip dengan karakter pangeran Jing pada cerita nirvana in fire, tidak mengurus masalah politik sehingga hidupnya aman, lebih banyak menghabiskan waktu untuk hobi pribadi. Tetapi dia juga banyak membantu Fan Xian di novel. Karakter ini tidak muncul pada serial drama musim pertama, tidak tahu apakah akan ada di musim kedua atau dihilangkan.
  • Teng Zejing di novel berbeda dengan serial drama, di novel dia bukanlah karakter penting, hanya pelayan / penjaga biasa keluarga Fan, dan tetap hidup sampai novel tamat.
  • Kaisar Bei Qi, yang merupakan wanita yang menyamar menjadi pria, bersama dengan Si Lili memberikan obat bius ke Fan Xian, menggunakan kesempatan, sehingga kaisar Bei Qi hamil dan memiliki anak yang disangka orang adalah anak dari Si Lili. Sang anak kelak menjadi tuan putri mahkota negeri Bei Qi karena tidak ada putra.
  • Karakter Fan Xian di novel lebih gelap dan kejam, karena sejak kecil diajarkan oleh neneknya yang di Danzhou untuk tidak pernah berbelaskasih terhadap musuh, tidak lembek.
  • Guo Baokun tidak pernah ikut dalam misi menyelamatkan Yan Bingyun di Bei Qi, juga tidak menjadi mata-mata baru, malahan yang tinggal di Bei Qi jadi mata-mata baru adalah Wang Qinian
  • Yan Bingyun tidak pernah menusuk Fan Xian di novel
  • Tuan Putri agung mengandalkan hubungan intim dalam hubungan terlarang untuk mengontrol putra mahkota

Wang Qinian terkesan lebih tua di Joy of Life season 2

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url