Semua Serial Drama & Film Condor Heroes Trilogy yang akan Datang (100 Tahun Jin Yong)

 cerita-silat.net - Tahun 2024 dan bulan maret ini adalah tepat 100 tahun peringatan kelahiran 100 tahun Jin Yong (chin yung). Biarpun beliau telah meninggal dunia beberapa tahun silam, tetapi karya-karyanya masih tetap dikenang. Siapa sih yang tidak kenal trilogi rajawali (condor heroes trilogy), pangeran menjangan,  Demi-Gods & Semi-Devils, putri harum, Smiling proud wanderer (the swordsman), dan lainnya?.

Karena dalam rangka peringatan 100 tahun ini, tidak heran jika pada produser TV serial drama dan film (movie) akan berbondong-bondong merilis beberapa adaptasi karya Jin Yong. 

Kali ini saya akan membuat daftar adaptasi drama untuk judul The Legend of the Condor Heroes dan the Return of the Condor Heroes yang akan datang karena cukup banyak, tentunya ga semua tahun ini. Total ada 2 adaptasi LOCH, dan 4 adaptasi ROCH.


#1 The Legend of Heroes (drama)

Sebelumnya dikenal dengan judul Jin Yong Wuxia Universe, tetapi seperti yang diketahui dari artikel saya sebelumnya, bahwa judul itu lebih diperuntukkan untuk keseluruhan 5-6 proyek selanjutnya yang berkaitan dengan adaptasi dunia Jin Yong. Dan judul resmi yang terakhir digunakan untuk serial drama ini adalah "The Legend of Heroes".  

Dengan total 60 episodes, yang digarap oleh 5 sutradara / produser berbeda dan dibagi menjadi 5 cerita berbeda, berikut judulnya:

  • Part 1: Eastern Heretic and West Venom (cerita si sesat timur Huang Yaoshi dan racun barat Ouyang Feng) = 8 episode
  • Part 2: Southern Emperor and Northern Beggar (cerita kaisar selatan dan pengemis utara Hong Qigong) = 8 episode
  • Part 3: Nine Yin True Sutra (cerita tentang murid pulau bunga persik mencuri kitab 9 yin) = 8 episode
  • Part 4: Duel on Mount Hua (cerita tentang turnamen pedang Huashan yang pertama) = 6 episode
  • Part 5: Hot Blooded (cerita utama tentang Guo Jing dan Huang Rong) = 30 episode

Beberapa pemeran terkenal adalah: 
  • Ci Sha sebagai Guo Jing & Wu Mianfeng
  • Bao Shang’en sebagai Huang Rong
  • Wang Hongyi sebagai Yang Kang
  • Huang Yi sebagai Mu Nianci
  • Tian Lei sebagai Zhou Botong
  • Zhāng Zhìhào sebagai Ouyang Ke
  • Zhao Zheng sebagai Wanyan Honglie
  • Vengo Gao Weiguang sebagai Ouyang Feng
  • Zhou Yiwei sebagai Huang Yaoshi
  • Chen Duling sebagai Feng Heng
  • Betty Huang  sebagai Lin Chaoying
  • Liu Zhiyang sebagai Wang Chongyang
  • Meng Ziyi sebagai Mei Chaofeng
  • Ming Dao sebagai Hong Qigong
  • Peter Ho sebagai Duan Zhixing
  • Ren Youlun sebagai Chen Xuanfeng
  • Ye Zuxin sebagai Lu Chengfeng
  • Dai Xiangyu sebagai Qu Lingfeng 
  • Xie Hongxin sebagai Wu Mianfeng 
  • Calvin Yu Xiaowei sebagai Wang Chongyang 
  • Li Jinrong sebagai Qiú Chuji

#2 The Legend of the Condor Heroes: The Great Hero (movie)



Versi film ini sangat heboh dan terkenal, gara-gara menggunakan aktor Xiao Zhan. Gara-gara itu saya tidak pernah lagi cari di sosmed Weibo dengan kalimat "The Legend of the Condor Heroes", soalnya semua yang muncul muka Xiao Zhan.

Proses produksi dan syuting telah siap pada tanggal 22 desember 2023 kemarin, dan sedang memasuki tahap fase editing. Biasanya sih makan waktu sekitar 3-6 bulan ya.


Film ini lebih fokus pada cerita invasi penaklukkan pasukan Mongol ke negeri tetangga mulai dari kerajaan Jin dan Khwarazmshah, dan sekarang menuju ke negeri Song, sehingga Guo Jing (kwee ceng) dan Huang Rong (oey yong) berusaha menjaga benteng pertahanan Xiang Yang dengan mengatur pasukan dan mengumpulkan para pendekar dunia persilatan.

Judul asli: 射雕英雄传:侠之大者.

#3 Condor Hero (2024)

Beralih ke adaptasi film The Return of the Condor Heroes. Nampaknya versi film ini yang paling dekat akan dirilis duluan dari semua adaptasi ROCH. Judul mandarinnya adalah 神雕侠侣:问世间 (2024) / 神雕侠侣:初篇 .

Kemungkinan film ini bersambung, dalam arti lebih dari 1 film.

Para pemeran tokoh utama-nya adalah sebagai berikut:

  1. Zhao Hua Wei sebagai Yang Guo (Yo Ko)
  2. Wang Zichun sebagai Xiao Long Nv (bibi Lung)
  3. Gallen Lo sebagai Guo Jing (kwee ceng)
  4. Chen Zhihan sebagai Huang Rong (oey yong)
  5. Dong Xuan sebagai Mu Nianci


#4 The New Version of the Condor Heroes




Waduh bosan dengan yang satu ini, tidak muncul-muncul tayang padahal sejak tahun 2019 sudah siap produksi dan syuting. Versi Tong Mengshi ini ga jelas sama sekali apakah akan tayang atau tidak.

Sudah lima tahun lamanya kita menunggu serial drama ini ditunda perilisannya, dan sekarang pun tidak ada kabar lagi, bahkan rumor pun sudah tidak bermunculan.

Saya belum pernah mendengar kabar ada skandal atau kasus untuk produksi drama ini, jadi masih berharap ada harapan akan dirilis biarpun waktunya ga jelas kapan.

Para pemeran: Tong Mengshi sebagai Yang Guo, Mao Xiaohui sebagai Xiao Long Nu, Gong Beibi sebagai Huang Rong, Mao Linlin sebagai Li Mochou, Shao Bing sebagai Guo Jing, Tu Bing sebagai Guo Fu.

#5 The Romance of the Condor Heroes


Sebelumnya Tsui Hark berencana merilis adaptasi The Return of the Condor Heroes dulu dalam bentuk Trilogi film, tetapi kemudian batal dan mendahulukan cerita Legend of the Condor Heroes dengan aktor utama Xiao Zhan sebagai Guo Jing. Ya semoga saja setelah tayang LOCH film versi Xiao Zhan dan berhasil, mungkin Tsui Hark tetap akan melanjuti film ROCH. 

#6 The Return of the Condor Heroes versi Tencent

Tencent Video mengumumkan akan merilis sekitar 5-6 judul karya Jin Yong, salah satunya adalah judul The Return of the Condor Heroes. Saya rasa itu masih tergabung dalam bagian seri Jin Yong Wuxia Universe. Jadi setelah LOCH, tidak tahu judul apa selanjutnya, tetapi feeling saya ROCH cukup tinggi peluangnya sebagai bagian kedua (atau season 2) dari Jin Yong Wuxia Universe mengingat koneksinya dengan cerita LOCH.

Berita terakhir, Tencent Video mengumumkan sedang mencari rekrutmen talent dan membuka pendaftaran bagi yang berminat dalam proyek ini. Karena pencarian bakat yang terbuka begitu, saya rasa Tencent akan banyak menggunakan aktor aktris pendatang baru. Kita tunggu saja kabar selanjutnya karena mereka belum mulai syuting, bahkan pengumuman nama aktor pemeran saja belum.

Hoaks, Rumor, Batal Tayang, dan lain-lain

Pada bulan september-oktober tahun 2022 kemarin, sempat heboh bahwa akan ada remake LOCH dengan pemeran Liu Haocun, Yang Chaoyue (sebagai Huang Rong), Zhao Jinmai, Jiang Yiyi, dan Xing Zhaolin.  Tetapi sampai sekarang tidak ada kabar resmi, sehingga saya simpulkan ini adalah hoaks.

LOCH versi kids (anak-anak), dulu sempat beredar foto mereka lagi syuting, awalnya saya sempat berpikir itu sudah tayang, tetapi barusan cek ternyata juga belum tayang, saya simpulkan batal tayang.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url