[Opini] Apakah Yang Guo Keturunan Keluarga Klan Yang?

The General of Yang Family
Adaptasi Serial Drama The Generals of the Yang Family 

Kisah 'Jendral Keluarga Yang' sangat terkenal, mereka adalah tokoh keluarga sejarah yang muncul disekitaran era dinasti Song (960–1279). Kisah mereka banyak diadaptasi dalam berbagai bentuk mulai dari opera, novel, cerita rakyat, drama, film, dan lainnya. Biarpun berdasarkan sejarah, tetapi dalam penerapannya ke berbagai bentuk media, juga banyak mengandung unsur fiksi.

Kisah Keluarga Yang seputar cerita heroik dan kesetiaan terhadap negara dalam mempertahankan negara Song dari serangan negara asing seperti Liao (bangsa khitan, 907–1125 ) dan Xia Barat (bangsa tangut, 1038–1227). Beberapa tokoh terkenal adalah Yang Ye, Yang Yanzhao (anak yang ye), dan Yang Wenguang.

Selain Yang Family, terkadang mereka disebut juga Yang Clan (klan Yang). Bahasa Mandarinnya adalah Yang Jia Jiang (杨家将). Adaptasi serial drama dan film terkenalnya ada; Warriors of the Yang Clan, Legendary Fighter: Yang's Heroine, The Yang's Saga, & Saving General Yang.

Para Heroine (pendekar wanita) dari keluarga Yang 

Apa Yang Guo Keturunan Yang Zaixing?

Yang Guo (Yo Ko) 


Ayah dari Yang Guo (Yo Ko) adalah Yang Kang, dan Yang Kang adalah anak dari Yang Tiexin. Yang Tiexin muncul pada cerita legenda pemanah rajawali (legend of the condor heroes) dan merupakan saudara angkat dari Guo Xiaotian (ayah Guo Jing / kwee ceng). catatan: Guo Xiaotian keturunan salah satu dari 108 pendekar dari gunung Liang (water margin, suikoden, shui hu zhuan).

Pada bab 1 dari Legend of the Condor Heroes, saat percakapan antara Yang Tiexin, Guo Xiaotian, dan Qu Lingfeng (murid huang yaoshi si sesat timur), dan juga percakapan antara mereka berdua dengan Qiu Chuji, disebutkan bahwa Yang Tiexin adalah keturunan Yang Zaixing, tepatnya cicit dari Yang Zaixing. 

Yang Zaixing adalah jendral di bawah komando Yue Fei pada era dinasti Song Selatan saat berperang dengan negeri Jin. Dia dianggap merupakan tangan kanan dari Yue Fei.

Tetapi apakah Yang Zaixing memiliki koneksi dengan 'Keluarga Yang' yang terkenal itu?

Ada 5 sumber berbeda yang saya kumpulkan:

#1 Wikipedia Inggris [2]

Yang Zaixing (died 1140), a historical general of the Southern Song Dynasty, was said to be a descendant of Yang Ye through Yang Yanzhao in the novel Shuo Yue Quanzhuan (說岳全傳) about Yue Fei. In the 18th-century novel General Yue Fei (說岳全傳), Yang Zaixing is said to be a descendant of the 10th/11th-century Generals of the Yang Family.
Wikipedia menggunakan sumber yang dikutip dari novel 'Jendral Yue Fei' karangan Qian Cai yang dicetak pada era dinasti Qing. Perlu diketahui, novel ini biarpun berdasarkah sejarah, tetapi juga banyak memasukkan fiksi ke dalamnya seperti contoh cerita kehidupan awal Yue Fei, juga terdapat berbagai hal yang berbeda dengan sumber lain. Umpamanya mirip seperti novel 'Romance of the Three Kingdoms' oleh Luo Guanzhong, banyak "bumbu penyedap" yang ditambahkan agar cerita menarik jika dibandingkan dengan the original Records of the Three Kingdoms.

#2 Situs 360kuai [3]

Ada catatan dalam novel Dinasti Qing "Shuo Yue Quan Zhuan (Jendral Yue Fei)" bahwa Yang Zaixing adalah keturunan dari jenderal keluarga Yang, tetapi tidak disebutkan dia keturunan pahlawan yang mana. 
Tertulis dalam sejarah resmi bahwa Yang Zaixing adalah putra Yang Bangyi, yang berasal dari Ji'an, Provinsi Jiangxi, dan legenda (rumornya) mengatakan dia sebagai keturunan Yang Ye.


#3. Situs Qulishi [4]

Dari situs ini didapat dari salah satu paragrafnya: "Konon katanya Yang Zaixing adalah keturunan Yang Ye , namun belum ada penelitian empiris. Meski keduanya tercatat dalam buku-buku sejarah, namun hubungan keduanya belum bisa dipastikan kebenarannya."


4. Situs Laitimes [5]

In fact, it is said that Yang Zaixing is a descendant of the Yang family. In fact, Yang Zaixing was the son of Yang Bangqi, the heavily expropriated minister.
Yang Bangqi may be the son of Yang Ye's brothers, but there is insufficient historical evidence.
Even if this is history, Yang Zaixing can only be said to be a cousin of Yang Jiajian, not a team.

Bahasa inggrisnya kurang bagus dari situs ini, nampaknya menggunakan google translate, tapi setidaknya masih bisa dimengerti. Dikatakan bahwa Yang Zaixing adalah anak dari Yang Bangqi, tapi apakah Yang Bangqi adalah anak dari saudara kandung Yang Ye masih diragukan. 


5. Situs 360 Kuai lagi [6]

Mengatakan bahwa Yang Zaixing itu adalah keturunan salah satu dari antara Yang Jing atau Yang Wenguang.


--

Dalam catatan sejarah resmi. Tidak ada indikasi bahwa Yang Zaixing adalah benar-benar keturunan jenderal keluarga Yang yang tersohor.

Memang lebih seru jika kita maksa-maksa mengaitkan mereka, istilahnya cocokologi, jadi jika kalian pendukung seru-seruan, bisa mengaitkannya, tetapi jika berdasarkan sejarah yang terverifikasi, maka kita tidak bisa maksa mengaitkan mereka sebelum ada bukti yang benar-benar kuat.

Tidak ada literatur sejarah aktual yang menggambarkan hubungan keduanya tersebut, pernyataan Yang Zaixing keturunan Jendral Keluarga Yang pertama kali diangkat dalam novel era Dinasti Qing berjudul "Jenderal Yue Fei". Novel Jendral Yue Fei tidak bisa menjadi acuan resmi karena isinya biarpun berdasarkan tokoh sejarah tetapi banyak mengandung cerita fiksi. Satu-satunya poin yang agak lumayan adalah nama senjata mereka sama yaitu Yang Family Spear (tombak keluarga Yang), digunakan juga oleh Yang Zaixing, tapi ini saja tidak cukup, karena mungkin saja ini nama umum, tombak keluarga Yang bisa juga berarti tombak yang digunakan siapa saja orang bermarga Yang.

Dengan berbagai sumber yang simpang siur berbeda satu sama lain, campur aduk cerita rakyat dengan sejarah, dan belum ada referensi yang benar-benar kredibel, membuat saya ragu keakuratan pernyataan Yang Zaixing keturunan pesohor keluarga jendral Yang. Untuk sementara saya tidak akan menjawab iya ataupun tidak, lebih memilih "diragukan", dan akan menelusuri lebih lanjut sampai menemukan bukti yang lebih kuat dan terpercaya.

Dalam Dunia Jin Yong

Sedangkan dalam kasus dunia Jin Yong, opini saya agak lain. Berbeda dengan pengarang lain seperti misalkan contoh Gu Long, Jin Yong biasanya mempunyai kebiasaan untuk suatu informasi dan detail akan menjelaskan dan membeberkan dengan jelas, boleh dibilang dia salah satu pengarang yang sangat detail jika dibanding lainnya, tetapi di sini tidak disebut atau dijelasin sama sekali, dia hanya menyebut Yang Tiexin keturunan Yang Zaixing, bawahan Yue Fei.

Kenapa Jin Yong hanya menyebut nama Yang Zaixing, padahal Keluarga Yang itu lebih terkenal.

Kemudian soal Senjata Tombak Keluarga Yang, dalam satu paragraf pada bab 1 novel pendekar pemanah rajawali disebut:

"Yang Tiexin telah berlatih keras dengan tombak ini semenjak dia masih kecil dan telah mewarisi sepenuhnya keterampilan ayahnya. 'Tombak keluarga Yang' tidak bisa diremehkan. Bertahun-tahun yang lalu, Yang Zaixin membawa tombak dan tiga ratus tentara Song bertempur melawan empat puluh ribu tentara negeri Jin di Jembatan 'Pedagang Kecil'. Dalam pertempuran itu, mereka membunuh lebih dari dua ribu tentara negeri Jin, termasuk korbannya satu komandan yang membawahi sepuluh ribu orang, serta lebih dari seratus komandan yang membawahi seribu orang. Sebenarnya, anak panah tentara Jin terbang seperti hujan; tetapi saat menancap ketubuhnya, dia akan mematahkan bagian kayunya dan terus bertarung. Akhirnya kudanya tersandung dalam lumpur dan dia harus memberikan nyawanya untuk membela negaranya. Ketika tentara Jin membakar tubuhnya, jumlah logam yang meleleh dari mata panah melebihi dua jins (1kg). Pertempuran ini mengejutkan dan menakuti tentara Jin, dan membuat 'Tombak Keluarga Yang' terkenal di seluruh Tiongkok."-

Jadi dalam dunia Jin Yong, yang membuat terkenal Tombak Keluarga Yang adalah Yang Zaixin, bukan Keluarga Yang (lagi-lagi tak disebut). 

Nampaknya Jin Yong sendiri ragu akan keterikatan antara keduanya, sehingga tidak menyebut sama sekali perihal tersebut, bahkan Keluarga Yang tidak disebut sampai akhir novel.

Kemudian sebagai tambahan saja, salah satu dari 108 pendekar gunung Liang, dikatakan adalah keturunan dari Keluarga Yang, bukankah lebih menarik jika Jin Yong menyebutnya sehingga Guo Xiaotian/Guo Jing dan YanTiexin/Yang Kang memiliki kaitan yang lebih dekat karena memiliki leluhur yang satu geng, alih-alih hanya nama Yang Zaixin yang disebut doank. 

Dalam hal dunia Jin Yong, saya lebih memilih pendirian bahwa keduanya tidak memiliki keterkaitan, sehingga Yang Guo (dan juga Yang Tiexin serta Yang Kang) resminya adalah keturunan Yang Zaixin, tidak ada kaitan dengan salah satu Jendral Keluarga Yang yang legendaris.

Akhir kata, hati-hati dengan sumber dari internet, karena tidak semuanya benar, harus diteliti dengan benar sumbernya.

Referensi

  1.  https://www.spcnet.tv/forums/showthread.php/23999-Yeung-Hong-life-choices-anticipated-by-his-likely-ancestor-Yeung-4-Long. Forum Spcnet.
  2. ^ https://en.wikipedia.org/wiki/The_Generals_of_the_Yang_Family#Ming/Qing_Dynasty_novels:_16th_to_19th_centuries. Wikipedia English.
  3. ^ https://www.360kuai.com/pc/detail?url=http%3A%2F%2Fzm.news.so.com%2F5dd26db3effbcdb218048081ea2307ff&check=96268e29fde7dfc8&sign=360_7bc3b157&uid=3f339db59c086ffe917f3c1306ebdbf5
  4. ^ www.qulishi.com/news/201510/48185.html
  5. ^ https://www.laitimes.com/en/article/s8bt_stns.html
  6. ^ www.360kuai.com/pc/98e961666c1f166a8?cota=3&kuai_so=1&sign=360_7bc3b157
  7. Https://inf.news/en/culture/e29a55afd3c0d5dcc5ae39efb31aed8c.html
  8. Legend of the Condor Heroes / Pendekar Pemanah Rajawali. Gramedia. 2014. ISBN: 978-602-03-0403-8
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url