Ilmu Transmisi Suara Semut pada Cersil & Mysterious Lotus Casebook?

 

Li Lianhua di Mysterious Lotus Casebook 

 Wuxia Indonesia - Bagi yang pernah menonton serial drama Mysterious Lotus Casebook, pasti tahu adegan ini kan. Saat kaisar berbincang dengan Fang Duobing dan menanyakan suatu pertanyaan kritis, Li Lianhua / Li Xiangyi dari luar ruangan membantu memberikan jawaban ke Fang Duobing dengan melakukan teknik berbisik jarak jauh ke telinga Fang Duobing. 



Teknik ini mengingatkanku pada beberapa novel cerita silat yang pernah kubaca. Teknik berbisik ini disebut ilmu "Transmisi Suara Semut" (mandarin: 蟻語傳聲). 

Dalam penjelasan teori di cerita silat, si pembicara menggunakan bentuk tenaga dalam untuk menyalurkan aliran suaranya fokus hanya ke telinga pendengar yang ditargetkan, sehingga orang lain disekeliling pendengar dan pembicara tidak ada yang bisa mendengar suara itu, hanya pendengar terpilih yang bisa mendengar suaranya. 

Jadi pendengar akan merasa suara bisikan yang dekat, padahal jarak antara pembicara dan pendengar cukup jauh, dan pembicaraan rahasia akan menjadi aman tidak bisa terdengar orang di sekeliling.

Ilmu Transmisi Suara Semut ini paling banyak muncul pada cerita silat (wuxia) karangan Zhuge Qingyun. Tetapi ilmu ini pertama kali muncul pada novel Liang Yusheng (liang-ie-shen), ada beberapa kali muncul juga pada novelnya tetapi tidak sesering Zhuge Qingyun, contohnya Xin Longzi dari partai Wudang pada cerita 7 Pendekar Thian San pernah sekali menggunakannya, atau Yue Mingke pernah menggunakannya ke Lian Nishang pada novel 'Hantu Wanita Berambut Putih' (Baifa Monu Zhuan / Pek Hoat Mo Lie / The Bride with White Hair).

Sebelum membahas lebih lanjut, pertama ada yang namanya teriakan (inggris: roar), teknik teriakan dalam cersil tentunya sangat umum dan sering digunakan pada cerita, teriakan itu ibarat seperti speaker yang dikasih tenaga dalam dan memberikan efek negatif atau tidak menyenangkan kepada pendengar, bisa juga memberikan getaran atau kerusakan. Tidak perlu penjelasan lebih lanjut karena ini teknik yang umum muncul dalam cerita silat, auman singa termasuk kategori ini.

Kedua adalah yang dalam bentuk transmisi suara, biasa dilakukan dalam jarak jauh, tetapi pendengar bisa mendengar suara itu seperti jarak dekat dan tidak merasa ada efek perasaan tidak nyaman, seperti percakapan biasa saja gitu. Yang jenis kedua ini lebih jarang muncul dibanding yang pertama.

Yang ketiga adalah turunan dari yang kedua, jadi hanya orang pilihan tertentu dari pembicara yang bisa mendengarnya, alias ilmu transmisi suara semut yang sudah dibahas di atas.

Selain Zhuge Qingyun dan Liang Yusheng, tentunya juga muncul pada cerita Jin Yong (Chin Yung), salah satu kasus yang paling terkenal tentu saja pada cerita Demi Gods and Semi Devils (pendekar negeri tayli), saat Duan Yanqing (toan-yan-king) membantu Xuzhu (hi-tiok) dalam memecahkan formasi catur Zhenlong di lokasi sekte Tulis-Bisu. Tidak ada yang tahu bahwa Xuzhu dibantu Duan Yanqing. Duan Yuanqing kemudian juga pernah menggunakannya sekali lagi pada Duan Yu (toan-ki).

Kemudian juga pada cerita Smiling Proud Wanderer (Pendekar Hina Kelana), Ren Yingying yang menyamar menjadi murid partai Hengshan, menggunakan teknik ini ke Linghu Chong karena tidak ingin penyamarannya ketahuan oleh orang lain. Nampaknya merupakan teknik khusus sekte matahari rembulan.

Pada Return of the Condor Heroes, Yang Guo (yo ko) nampaknya juga menggunakan teknik ini ke Guo Xiang (kwee siang) saat melawan Nimoxing, tapi saya ga yakin, mungkin bukan karena ga disebut bahwa itu adalah transmisi suara semut, masih fifty-fifty, mungkin Guo Fu jaraknya agak jauh jadi ga dengar suara Yang Guo, jadi lebih baik anggap bukan.

Pada novel 'Menggembara Dunia Persilatan Selama 20 tahun' karya Long Chengfeng, tokoh utama Wu Qiying berkomunikasi dengan teknik ini ke putra dari Han Bao, si pencuri mirip Robin Hood. Juga pada cerita "Krisis Sekte Tang", si pak tua Tang  menggunakannya pada Tang San dan istrinya Mo Huizhen sekaligus berdua.

Selain pengarang itu semua, juga muncul pada cerita wuxia dari pengarang Wo Longsheng, Murong Mei, dan Dongfang Yu. Sebagai sebuah alat komunikasi rahasia.

Tidak tahu apakah dalam karya Gu Long (khu lung) ada muncul juga, dari sebagian novelnya Gu Long yang pernah saya baca sih tidak ingat ada. Jika kalian tahu ada muncul di novel judul apa, silahkan komen di kolom komentar.

Tapi dari semua novel wuxia, Ilmu Transmisi Suara Semut yang paling hebat kemunculannya adalah yang dilakukan oleh Li Qiushui pada cerita Demi Gods and Semi Devils. Li Qiushui menggunakan pancaran suara yang cakupan areanya sampai beberapa kilometer, tetapi hanya bisa terdengar oleh orang yang memiliki tenaga dalam sekte Xiaoyao pai. Li Qiushui menggunakan ejekan ke Tianshan Tonglao untuk mengetahui keberadaan persembunyiannya, menggunakan kata-kata tidak pantas dan cabul. Ilmu Li Qiushui ini dinamakan 'Ilmu Transmisi Suara Pencarian Jiwa'.

Ilmu Transmisi Suara Semut ini tentunya tidak logika pada kehidupan nyata, biarpun beberapa orang mempercayainya, tetapi belum ada bukti riset yang mendukungnya, dalam dunia barat mungkin lebih kurang mirip dengan istilah Telepati.

Mungkin jika menggunakan alat, itu masih memungkinkan dimasa depan, seperti penggunaan sistem enkripsi-dekripsi dan sistem frekuensi penyaluran gelombang. 

Tapi kalau mau membayangkannya, rasanya seru juga jika beneren ada di dunia, bisa hemat pulsa tidak perlu handphone lagi untuk telepon ataupun pas lagi ujian sekolah bisa nyontek minta diajarin teman.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url