Perjodohan Busur Kumala (Lofty Waters Verdant Bow / 雲海玉弓緣) Akan Diadaptasi ke Drama

Lofty Waters Verdant Bow / 雲海玉弓緣


Update januari 2024: diperkirakan pasangan tokoh utamanya dibintangi oleh Li Hongyi dan Ju Jingyi, mulai syuting bulan oktober 2024.

 Cerita-silat.net - Saluran Youku dan perusahaan Blue Media mengumumkan akan mengadaptasi novel karya Liang Yusheng berjudul Jade Bow Connection (Yun Hai Yu Gong Yuan / 雲海玉弓緣).

Jade Bow Connection sejatinya telah diadaptasi beberapa kali, total ada empat kali, 3 dalam bentuk serial drama dan 1 adaptasi film, jadi ini akan menjadi yang kelima. 

Adaptasi terakhir adalah tahun 2002 yang menggunakan judul 'Lofty Waters Verdant Bow' (berbahasa cantonese dengan judul resmi Wan Hoi Yuk Gung Yun). Tapi hasilnya gagal total, masih lebih bagus yang versi tahun 1980-an.

Jade Bow Connection adalah novel karya Liang Yusheng yang masih termasuk dalam seri tianshan, judul Indonesianya lebih dikenal dengan nama "Perjodohan Busur Kemala". Tidak ada judul hokkien untuk cersil ini, tetapi saya menerjemahkannya menjadi in hay giok kiong yan. Ini adalah salah satu karya Liang Yusheng yang paling populer selain 'Iblis Wanita Berambut Putih'.


Jade Bow Connection
Sampul (cover) salah satu jilid novel original

Novel ini diterbitkan pertama kali di surat kabar Xin Wan Bao (新晚报/ new evening news) pada tahun 1961, dan telah direvisi sekali pada tahun 2009. Cetakan yang paling populer adalah yang tahun 1996 terbitan.

Tokoh utamanya adalah Jin Shiyi, Gu Zhihua, dan Li Shengnan. Mereka terlibat cinta segitiga (Li Xinmei / Li Qinmei tidak masuk hitungan).

catatan: seri tianshan dalam komunitas Indonesia dan Internasional / China (mandarin) agak beda, di Indonesia yang termasuk seri tianshan ada 23 judul dan Perjodohan Busur Kemala adalah seri Tianshan ke-14, sedangkan secara internasional / china, yang termasuk seri Tianshan hanya ada 10 judul dan Jade Bow Connection adalah yang ketujuh. Itu tidak mengherankan karena orang Indonesia biasa suka mengait-gaitkan biarpun kaitannya kecil.

Jika mengambil sudut pandang Jin Shiyi sebagai tokoh sentral cerita, maka Jade Bow Connection adalah novel ketiga dari trilogy Jin Shiyi.

Jade Bow Connection memiliki latar belakang setting era dinasti Qing, tetapi entah kenapa adaptasinya selalu terkesan menggunakan era dinasti Ming dan Song. 

poster lofty waters verdant bow


Sinopsis

cersil perjodohan busur kemala
Ilustrasi dalam versi novel


Jade Bow Connection  menceritakan pengalaman sang pendekar legendaris Jin Shiyi yang hilang di pertengahan Dinasti Qing dan kisah cinta segitiganya dengan Li Shengnan dan Gu Zhihua. Perasaan cinta dan kebencian di antara mereka membuat hubungan mereka menjadi rumit.

Iblis seni bela diri yang hebat telah menghilang bersembunyi di luar negeri selama ratusan tahun, dan keturunannya kembali ke dunia persilatan. 

Cerita ini terutama adalah kisah balas dendam pendekar wanita Li Shengnan pada iblis Meng Shentong dan dengan demikian kemudian dia menjadi "iblis wanita" lainnya.

Jin Shiyi berkenalan dengan Gu Zhihua, murid dari Lu Siniang. Keduanya memiliki hubungan yang baik satu sama lain dan membuat janji untuk bertemu kembali di Gunung Mang. Li Qinmei (kadang juga disebut Li Xinmei), seorang murid perempuan dari Sekte Tianshan, jatuh cinta pada Jin Shiyi. Dia diam-diam turun gunung untuk mencari Jin Shiyi, tetapi ditangkap dan dipenjara oleh iblis besar Meng Shentong. 

Jin Shiyi menyelinap ke Mengjiazhuang tetapi gagal menyelamatkan Li Qinmei dan malahan terluka berat. Untungnya, Li Shengnan, putri dari musuh Meng Shentong, menyelamatkan Li Qinmei dan merawat luka Jin Shiyi. 

Ternyata leluhur Li Shengnan, Li Kangtian, adalah murid Qiao Beiming, iblis dengan ilmu silat terhebat pada era Dinasti Ming. Saat itu, Qiao Beiming dikalahkan oleh pendekar pedang Zhang Danfeng. Dia melarikan diri ke luar negeri dan mempelajari seni bela diri mendalam yang menyatukan antara kebaikan dan kejahatan. Lebih dari sepuluh tahun lalu, seluruh keluarga Li dibunuh oleh Meng Shentong. Hanya Li Sheng, istri dan putrinya yang selamat. Dia berencana pergi ke luar negeri untuk menemukan rahasia seni bela diri yang dipelajari Qiao Beiming di tahun-tahun terakhirnya hanya untuk membalas dendam pada Meng dan bersaing dengan sekte Tianshan, dan keturunan Zhang Danfeng. . Jin Shiyi dan Li Shengnan tertarik satu sama lain seperti magnet dan jatuh cinta. Jin Shiyi menjanjikan tiga hal kepada Li Shengnan dan setuju untuk pergi ke laut bersamanya untuk menemukan rahasia ilmu silat Qiao Beiming dan membalaskan dendam Li Shengnan.


Adaptasi Drama Jade Bow Connection

Ada sebuah film dengan judul Long Road to Gallantry 遊俠情 tahun 1984 dengan aktor utama Kenny Ho yang memiliki alur cerita sangat mirip dengan Jade Bow Connection, boleh dibilang plagiat ataupun copy bulat-bulat jalan ceritanya, bahkan beberapa nama tokoh dibuat sama. Tidak tahu kenapa produsernya bisa aman dari masalah hak cipta. Tetapi karena perusahaan produksinya tidak pernah bilang diadaptasi dari Jade Bow Connection, sehingga tidak masuk hitungan.



Tahun Judul
2002Lofty Waters Verdant Bow


1984 Jade Bow Connection 




1966The Jade Bow


1988The Tien Shan Hero 天山英雄传


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url