Berbagai Tuan Putri (princess) Terkenal dalam Cerita Silat

putri xixia yinchuan pendekar negeri tayli
ilustrasi Yinchuan Gongzhu dalam Pendekar Negeri Tayli 2021

Topik kali ini mungkin lebih diperuntukkan ke para wanita. Biasanya para wanita terutama yang masih kecil sangat tertarik dengan cerita princess (putri), bahkan sebagian yang sudah dewasa pun masih memfavoritkannya, sebut saja artis seperti Syahrini yang suka dipanggil princess atau artis lainnya. 

Jika menyukai peran princess, tentu tidak lepas dari dunia Disney, yang mempopulerkan atau kaya akan cerita princess-nya. Tapi bagaimana dengan Putri di dunia sungai dan telaga atau cerita silat (wuxia)? Tentu saja terdapat beberapa tuan putri yang terkenal dalam cerita silat.


princess YaoYue and Lianxing
putri Yaoyue dan Lianxing pada cerita pendekar binal 

Etimologi Kata Putri

Disini saya sebenarnya lebih menyukai istilah "tuan putri" dibandingkan "putri" saja, karena putri memiliki makna yang sangat luas, bukan hanya berarti anak kandung kaisar, tapi dijaman sekarang bisa juga merujuk ke anak perempuan dari seorang ayah, sebuah gelar kontes kecantikan atau kontes lainnya, sebuah nickname atau julukan, tokoh-tokoh Disney, atau lainnya.

Rasanya terdapat perbedaan sistem kerajaan dalam budaya bangsa barat (eropa) dan timur (china, jepang, korea) dalam pemberian atau penyebutan gelar Putri ini. Di Eropa, anak perempuan dari saudara kandung kaisar juga disebut princess, tapi tidak tahu apakah ini berlaku di negeri China.  Kemudian negeri China sendiri itu setiap era Dinastinya pun memiliki struktur tingkatan putri yang berbeda pula. 


Zhao Min
Zhao Min, putri Mongol


Disini tentunya tidak membahas secara detail soal itu karena saya pun tidak terlalu mengerti. Tapi pastinya di dinasti Qing, adalagi sebutan Gege (seperti pada Huanzhu Gege), saya googling ada 4 sumber yang berbeda tentang defisini Gege. Tidak tau mana yang paling akurat, tapi yang pastinya Gege ini hanya ada di jaman era dinasti Qing dan setingkat dengan istilah Putri.

Dalam bahasa mandarin, Tuan Putri disebut Gongzhu (baca: Kong Cu), biarpun sebenarnya istilah atau gelar "putri" ini agak luas dan Gongzhu hanya merujuk pada anak perempuan kandung dari Kaisar. Sedangkan gelar putri selain Gongzhu, masih banyak lagi jenisnya, dan tentunya lagi-lagi tergantung era Dinasti.


A Zi di pendekar negeri tayli 2021
A Zi, Putri Pingnan, dalam cerita Pendekar negeri tayli


Dari Beberapa Putri yang muncul dalam Cerita Silat (wuxia), mana saja yang terkenal?

  1. Putri Yinchuan dari negeri Xia Barat
    Muncul di cerita Demi Gods and Semi Devils, merupakan sepupu jauh dari Wang Yuyan, dan istri daripada Xuzhu (salah satu tokoh utama). Bagaimana rupa mukanya tidak ketahuan seperti apa, karena selalu menutup wajahnya dengan kain sehingga tidak tampak oleh orang luar. Seolah Putri Yinchuan ini fobia terhadap orang luar. Nama aslinya adalah Li Qinglu.
  2. Putri Huazheng dari negeri Mongol
    muncul di cerita Legend of the condor heroes, biarpun keempat putra Jenghis Khan di cerita pendekar pemanah rajawali adalah asli berdasarkan sejarah nyata, tapi Putri Huazheng ini adalah tokoh fiktif. Putri Huazheng dijodohkan kepada Guo Jing (kwee ceng) sejak awal, sehingga Guo Jing sering disebut "Menantu Emas" oleh prajurit Mongol.
  3. Zhao Min, alias Putri Shaomin dari dinasti Yuan
    nama aslinya adalah Minmin Temur, sedangkan Nama Han (tiongkok)-nya adalah Zhao min (pelafalannya mirip dengan Shaomin - 紹敏郡主, itulah alasan dia menggunakan nama Zhao Min). Abang kandungnya adalah Koke Temur, dan ayahnya adalah Changhan Temur yang mendapat gelar pangeran Ruyang. Ayahnya adalah jendral pasukan yang berpangkat tinggi dan memiliki banyak jasa di militer. Dalam sejarah asli, Changhan Temur bukanlah keluarga kerajaan, dia mendapat gelar pangeran setelah berjasa besar, Koke Temur sendiri bukan anak kandungnya dan juga bukan benar-benar beretnis Mongol. Tentunya untuk cerita novel heavenly sword and dragon sabre agak berbeda, tidak ada informasi mengenai itu, bahkan hubungan dengan kaisar apa juga tidak dijelasin. Cuma diketahui mereka anggota keluarga kerajaan, tapi bukan keturunan langsung dari kaisar mongol dari dinasti Yuan pada cerita Pedang Langit dan Golok Naga. Tulisan mandarin Zhao Min adalah 趙敏.
  4. Putri Chang Ping dari dinasti Ming
    muncul pada novel Liang Yusheng (1 novel) dan Jin Yong (2 novel). Merupakan tokoh sejarah nyata yang terkenal akan ceritanya yang dimana salah satu lengan dipotong oleh ayahnya (sang kaisar) sendiri. Perbedaan cerita Liang Yusheng dan Jin Yong adalah pada Jin Yong diceritakan mulai dari masa mudanya (bahkan ada kisah percintaan dengan tokoh utama), sedangkan di Liang Yusheng, Putri Changping langsung sudah menjadi biksuni satu tangan, pendiri sekte Mengshan dan memiliki 8 murid yang dikenal dengan nama 8 Pendekar Sungai Yangtze di selatan, salah satunya adalah Li Siniang (Lv Shiniang), yang cuma dia diajarin teknik pedang XuanNu (玄女劍法) dan kemudian digunakan untuk membunuh kaisar Yongzheng.
  5. Putri Jianning di DOMD
    pada cerita Kaki Tiga Menjangan, dia adalah adik kaisar (bukan kandung). Putri Jianning merupakan salah satu istri Wei Xiao bao. Menyukai koleksi berbagai senjata, dan seringkali berperilaku kasar tidak seperti seorang tuan putri. Putri Jianning awalnya menikah dengan Wu Yingxiong terlebih dahulu untuk alasan politik.
  6. Putri Harum
    memiliki nama asli Kasili, Putri Harum adalah anak bungsu dari kepala suku muslim (suku uyghur, tetapi di novel disebut Hui karena alasan tertentu). Sebutan putri disini sebenarnya bukan benar-benar jabatan putri, tetapi lebih ke julukan atau nickname, karena dia harum seperti bunga (akibat kebiasaan makan bunga). Tidak beda jauh dengan istilah pendekar harum.
  7. Putri A Zi dari negeri Liao (DGSD)
    Putri Pingnan adalah salah satu tokoh dalam cerita Pendekar Negeri Tayli. Memiliki mulut manis, tidak tahu adat, dan berperilaku kejam.  
  8. Putri Mu Jianping dari klan Mu
    Leluhur Mu adalah tangan kanan dari pendiri dinasti Ming, Zhu Yuanzhang, sehingga para anggota klan Mu memiliki jabatan tinggi pada dinasti Ming, termasuk mendapat gelar bangsawan. Salah satu istri Wei Xiaobao.
  9. Putri Sophia dari Rusia
    Muncul pada cerita Kaki Tiga Menjangan, berasal dari Rusia yang saat itu lebih sering disebut sebagai negeri Luocha. Menjadi teman Wei Xiaobao setelah dia membantunya menguasai Rusia.
  10. Putri Yaoyue dan Lianxing dari istana bunga (Pendekar Binal)
    Mereka adalah tokoh wanita pada cerita Legendary Siblings (alias The Impeccable Twins) karya Gu Long. Sebenarnya mereka dalam novel disebut 宫主 (gongzhu), bukan 公主 (gongzhu). Kedua kata itu sama-sama tulisan pinyin dan pelafalannya sama disebut Gongzhu, tetapi mempunyai arti berbeda. 宫主 lebih tepat diterjemahkan menjadi Nyonya Pemilik, bukan Putri. Pada berbagai terjemahan dan adaptasi sering menggunakan istilah "Putri", biarpun itu kurang tepat. Jadi sebenarnya mereka tidak bisa masuk dalam daftar tentang "Putri" disini, saya memasukkan mereka kesini boleh dianggap hanya sebagai pemberitahuan informasi semata. 
  11. Putri Pipa dari kerajaan Kucha
    Muncul pada cerita Chu Liuxiang novel pertama "Maling Romantis" karya Gu Long. Menyukai Chu Liuxiang. Memiliki wajah yang cantik, sedangkan kakak perempuannya yang juga seorang putri, berwajah jelek.
  12. Putri Danfeng dari negeri Jin Peng di wilayah barat
    Muncul pada cerita Lu Xiaofeng, si pendekar 4 alis. Identitas aslinya adalah Shangguan Feiyan. Saat mendekati Lu Xiaofeng, Shangguan Feiyan menyamar menjadi putri Danfeng (sepupunya), meminta bantuan kepada Lu Xiaofeng dalam upaya mencari keadilan terhadap tiga pengkhianat negeri Jin Peng yang telah merebut harta, tetapi ternyata masalah menjadi lebih rumit dari itu. Tujuan utamanya adalah mencari dan mendapatkan harta karun milik negeri JinPeng. Saat mendekati Hua Manlou, dia menggunakan identitas aslinya Shangguan Feiyan, dan Hua Manlou jatuh cinta kepadanya.
  13. Dao Baifeng dari negeri Dali
    merupakan ibu dari Duan Yu (Toan Ki di hokkien), disebut "Wang Fei" (mendapat gelar putri karena pernikahan dengan pangeran).
  14. Putri Changle dari dinasti Tang
    Muncul di dua novel cerita Liang Yusheng. Anak perempuan dari kaisar Xuanzong. Berlatih ilmu pedang dibawah ajaran Gongsun Daniang. Jatuh cinta ke Tie Mole setelah dia pernah menyelamatkannya. Bermarga asli "Li".
  15. Mu Nihuang, Putri Yunnan dari dinasti Liang
    biarpun Nirvana in Fire bukanlah benar-benar murni Wuxia, tetapi lebih ke Political Wuxia (wuxia politik) atau cerita kerajaan. Dimasukin kedalam daftar hanya sebagai pelengkap, karena nama Mu Nihuang sangat terkenal. Seorang Junzhu yang merangkap sebagai komandan militer pasukan klan Mu di Yunnan yang menjaga perbatasan selatan. Mu Nihuang juga masuk dalam daftar 10 besar peringkat daftar Langya, sebuah daftar tentang 10 orang terkuat di dunia persilatan.

putri harum princess fragrance
Kasili, Putri Harum pada cerita Pedang dan Kitab Suci


Komentar

  1. Ada juga Princess Taiping anak dari Wu Zetian dia muncul sebagai cameo dalam kisah Dinasti Tang karya Liang Yusheng oiya Yangtze River itu ada diselatan China bkan diutara China kalau yg diutara itu Huang Ho aka Yellow River makanya ada istilah Kanglam/Jiangnan dan Kangpak/Jiangbei yg merujuk kpada daerah diutara (Kangpak) dan selatan (Kanglam) sungai besar (Yangtze)..

    BalasHapus

Posting Komentar