HSDS2019

HSDS2019

Sabtu, 07 Desember 2019

Kaitan DGSD dengan Trilogy Condor Heroes

    Cerita Pendekar Negeri Tayli alias Demi Gods and Semi Devils (DGSD) memiliki kaitan dengan cerita Trilogy Condor Heroes. Ending (akhir cerita) DGDS sampai awal LOCH itu sekitar 105-110 tahun , atau jika sampai cerita Guo Jing dewasa dan pertama kali kedunia persilatan adalah sekitar 123-129 tahun. Antara rentang waktu DGSD sampai LOCH sebenarnya pun terdapat kemunculan tokoh-tokoh hebat ataupun sakti, seperti Dugu Qiubai, Huang Shang, jendral Yue Fei, tokoh tokoh Shui Hu Zhuan (water margin), jendral Yang, mungkin juga pencipta ilmu kui hua, dll. sayang Jin Yong tidak terlalu memberikan banyak detail menyangkut hal itu.


  • Duan Yu dan biksu Yi Deng
    Duan Yu , tokoh utama di cerita DGSD, adalah kaisar dari kerajaan Dali, Duan Yu merupakan kakek dari biksu Yi Deng , Yi Deng adalah tokoh yang muncul di cerita kembalinya pendekar rajawali (ROCH) dan pendekar pemanah rajawali (LOCH). Sebelum menjadi biksu , Yi Deng adalah kaisar dari kerajaan Dali dengan nama Duan Zhixing. Tidak diketahui biksu Yi Deng merupakan keturunan dari istri Duan Yu yang mana.

  • ilmu Yi Yang Finger (ilmu jari matahari) 
    lagi-lagi menyangkut kerajaan Dali, ilmu jari matahari (Yi Yang Finger) yang merupakan jurus andalan dan khas dari keluarga kerajaan Dali. ilmu jari ini muncul di DGSD dan trilogy condor heroes.

  • Partai Pengemis dan Shaolin 
    Selain kerajaan Dali, ada 2 partai/aliran yang muncul di cerita DGSD dan trilogy condor heroes, yaitu partai pengemis dan aliran Shaolin. Khusus aliran Shaolin, di cerita pendekar pemanah rajawali , tidak benar-benar muncul, hanya dalam bentuk cabang aliran Shaolin yang muncul, sedangkan di cerita Kembalinya Pendekar Rajawali (ROCH) juga hanya sebagai cerita minor yaitu sebagai salah satu pemberi hadiah ulang tahun Guo Xiang.
    Untuk partai pengemis, Hong Qigong adalah ketua generasi ke-18 , Xiao Feng tidak dibilang sama sekali dalam novel ketua generasi keberapa, dalam adaptasi tahun 2013 disebut ketua generasi ke-6, Wikia juga menyebut generasi ke-6, pada komik disebut ketua generasi ke-7 , di weibo disebut generasi ke-9, ada juga yang menyebut generasi ke-13. Pada LOCH, ada disebut tentang seorang ketua partai pengemis generasi ke-11 yang mengalahkan banyak orang dengan tangan kosong di mansion apa gitu, sekilas seperti adalah Xiao Feng, tetapi jika kita perhatikan lagi lebih detail, maka ternyata bukan Xiao Feng. Secara resmi didalam novel , tidak disebut dia ketua generasi keberapa.

  • ilmu Tapak Penakluk Naga 
    ilmu ini merupakan andalan partai pengemis, di DGSD masih berupa 28 jurus (berdasarkan edisi 3 novel DGSD), kemudian di ringkas menjadi 18 jurus oleh Xiao Feng tanpa mengurangi kemampuan dan kekuatannya, 10 jurus yang dibuang itu dilebur kedalam 18 jurus karena dirasakan Xiao Feng agak mubazir memiliki kemiripan atau kesamaan dengan 18 jurus itu.  Xiao Feng mengajari 18 jurus tapak kepada Xu Zhu (sebagai cadangan jika terjadi sesuatu pada dirinya) , yang kemudian setelah kematian Xiao Feng, Xu Zhu mengajari kepada ketua partai pengemis selanjutnya.

2 komentar:

  1. Ya inilah salah satu plothole terbesar Jin Yong.
    Spt contoh Dugu Qiu Bai adalah pendekar pedang tanpa tanding yg akhirnya kesepian padahal dia bisa mendatangi Duan Yu dan Xu Zhu yg mempunyai jurus ilmu silat tanpa tanding juga.

    Blm lagi plothole antara ending ROCH menuju HSDS, begitu banyak lubang kosong disini.

    Yang ketiga antara HSDS menuju SPW tiba2 Ilmu Pedang Dugu malah muncul kembali ini sungguh mengherankan,

    3 plothole dalam 1 jalur cerita memang aneh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi masa hidup dugu qiubai sejaman dengan xiao Feng, Duan yu dan xu Zhu ? baru tahu, sumbernya dari mana ?

      Hapus